Translate

Cari Artikel

Asal Usul Nabi Adam (Manusia Pertama) Dari berbagai Versi dan Keyakinan


Sepanjang sejarah makhluk yang bernama manusia dimuka bumi dengan segala kisahnya,
ternyata masih banyak menjadi misteri.
Sosok Adam sebagai manusia pertama dimuka bumi, menyimpan 1001 kisah.
Kisah ini mencoba menguak secuil misteri tentang penciptaan Nabi Adam, dan disajikan untuk anda sekalian.


ADAM dalam bahasa Ibrani = אָדָם , dalam bahasa arab = آدم berarti tanah, manusia, atau cokelat muda
hidup sekitar 5872-4942 SM
adalah dipercaya oleh agama-agama Samawi sebagai manusia pertama, bersama dengan istrinya yang bernama Hawa.
Menurut Agama Samawi pula, merekalah orang tua dari semua manusia yang ada di dunia.
Rincian kisah mengenai Adam dan Hawa berbeda-beda antara agama Islam, Yahudi, Kristen, maupun agama lain yang berkembang dari ketiga agama Abrahamik ini.  


 
ADAM MENURUT AGAM ISLAM 
BAHWA BANGSA ATLANTIS ATAU PUN DINASTI RAMA BUKANLAH DARI RAS MANUSIA KETURUNAN ADAM
DIALAH YG DI NAMAKAN 3 UMAT TERDAHULU SEBELUM NABI ADAM YAITU:
 Banul Jan, Banul Ban, Ijajil

DARI GOLONGAN JIN YG TERAKHIR MALAH BERBADAN DAN BERDARAH
 DARI GOLONGAN 3 UMAT TERDAHULU ITULAH BUMI INI PERNAH MENGALAMI 3X KIAMAT
mungkin dalam hati Kalian pernah terbesit pertanyaan Siapakah Makhluk Sebelum Adam?
Kalau menurut kepercayaan Islam, 

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada Malaikat; “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di bumi”. Mereka bertanya (tentang hikmat ketetapan Tuhan itu dengan berkata): “Adakah Engkau (Ya Tuhan kami) hendak menjadikan di bumi itu orang yang akan membuat bencana dan menumpahkan darah (berbunuh-bunuhan), padahal Kami senantiasa bertasbih dengan memujiMu dan mensucikanMu?”. Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui akan apa yang kamu tidak mengetahuinya”
 
Sebelum nabi adam turun ke bumi diceritakan bahwa yang menempati bumi ini adalah bangsa jin yang dikelompokan menjadi abal jan dan banul jan dan dari 2 kelompok tersebut bertempur terus tidak pernah bersahabat, kemudian malaikat menanyakan kepada Allah apa akan membuat orang untuk menjadikan kholifah dibumi yang selalu yasfiquddima (pertumpahan darah), akhirnya Allah memerintah yang bernama ‘azajil yang memimpin para malaikat jibril mikail izroil dan malaikat yang lainnya, untuk menaklukan abal jan dan janul jan dibumi ini, kemudian setelah ditaklukan akhirnya Allah menciptakan nabi Adam, diantara ‘azajil, malaikat dan adam diberikan ilmu oleh Allah karena tujuannya untuk menjadikan kholifah dibumi, setelah diuji ternyata yang lulus dari ujian tersebut adalah nabi Adam akhirnya semuanya diperintah Allah untuk sujud penghormatan kepada Adam “fasajaduu illa Iblis”,
akhirnya semuanya sujud kecuali ‘azajil (bangsa Iblis) mereka sombong dan membangkang “aba wastakbaro”.
 
manusia tidak diciptakan dibumi, tapi manusia dijadikan khalifah di bumi, sebagai pengganti tentunya ada yang di ganti, alias Adam bukan makhluk pertama dibumi, dan Allah tidak mengatakan untuk mengganti manusia sebelumnya, tapi pengganti makhluk di bumi, yaitu abal jan dan banul jan, mereka itu adalah penghuni bumi sebelum manusia.
Bentuk basyariahnya tak jauh berbeda dengan manusia, maka anda bisa buktikan bahwa makhluk selain manusia, punya badan yang sama seperti manusia, yaitu banul jan, anak turun Jin, juga banul ban anak turun dedemit, maka ketika bumi rusak oleh mereka, mereka diusir bahkan dibasmi oleh malaikat, hingga mereka berlari terbirit-birit dan mencari tempat yang jauh dari anak Adam.
Spoiler forKalau dari segi Archeology:
Berdasarkan fosil-fosil yang ditemukan, memang ada makhluk lain sebelum manusia. Mereka seperti manusia, tetapi mempunyai karakteristik yang lebih primitif. Otak mereka lebih kecil. Oleh karena itu, kemampuan mereka berbicara sangat terbatas karena tidak banyak suara vowel yang mampu mereka bunyikan. Kelompok ini dinamakan Neanderthal.
Kemudian datanglah manusia Adam yang diklasifikasikan sebagai Homo Sapiens. Menurut Wikipedia, Homosapiens mulai ada sekitar 200 ribu tahun lalu. Sedangkan Neonderthal ada sehingga 130 ribu tahun dulu, kemudian ia lenyap. Ada juga teori yang mengatakan Neonderthal lenyap sebelum Homosapiens muncul. Tapi yang pasti, Homosapiens bukanlah evolusi dari Neanderthal. Neanderthal hanyalah makhluk seakan manusia yang telah ada sebelum kita (manusia Homo sapiens) ada.
Mungkin tidak ada fakta konkrit dalam membicarakan isu ini. Kebanyakan teori berdasarkan sumber fosil. Namun yang paling penting mungkin sebagai bagi yang Muslim kita percaya ada makhluk sebelum Adam yang saling membunuh. Ada yang mengatakan mereka adalah dari kaum jin. Ada juga yang mengatakan bahwa ada 3 umat yang utama sebelum Adam. Dua diantaranya dari kaum jin. Sedangkan kaum yang ketiga adalah dari golongan yang berbeda dari Jin, karena mereka ini berdarah dan berdaging. Golongan ketiga ini adalah mereka yang dimaksudkan sebagai “man yufsidu feehaa wa yasfiku al-dimaa’: golongan yang membuat kerusakan dan menumpahkan darah” seperti yang diulas oleh Malaikat di dalam ayat al-Quran 2: 30. Ini pendapat yang dilontarkan oleh Al-Maqdisi.
Sesungguhnya manusia yang pertama kali di jadikan oleh Alahh SWT adalah ” ADAM AS “. Beliau di jadikan dari tanah yang di bentuk manusia, lalu di tiupkan roh kepadanya lantas jadilah berupa manusia ( berupa darah , daging , ruh )berupa Nabi Adam As.

SEBELUM NABI ADAM

Sebelum Allah SWT mewujudkan Nabi Adam As ( manusia pertama ) Allah SWT sudah menjadikan dua mahkluk yang berakal , berupa :
1. Mahkluk yang berupa malaikat
2. Mahkluk yang berupa Banul-Jan/Iblis

Adapun asal mula kejadian kedua mahkluk tersebut adalah :

Malaikat : di jadikan dari Nur ( cahaya ) yang suci yang berupa ruh dan akal tidak ada syahwatnya. Kerena itu malaikta tidak makan , minum dan juga tidak beristri ( lain dengan manusia ), hidup malaikta semata-mata hanya melaksanakan perintah Allah SWT, laiya tidak di laksanakan.
Banul-Jan : Dijadikan dari api. Berbentuk sebagai manusia membutuhkan makan , minum dan beristri dan juga mempunyai keturunan yang banyak sekali.
 
 Adam hidup selama 930 tahun setelah penciptaan (sekitar 3760-2830 SM), sedangkan Hawa lahir ketika Adam berusia 130 tahun.
  Al-Quran memuat kisah Adam dalam beberapa surat, di antaranya Al-Baqarah [2]:30-38 dan Al-A’raaf [7]:11-25.
Menurut ajaran agama Abrahamik, anak-anak Adam dan Hawa dilahirkan secara kembar, yaitu, setiap bayi lelaki dilahirkan bersamaan dengan seorang bayi perempuan.
Adam menikahkan anak lelakinya dengan anak gadisnya yang tidak sekembar dengannya.

Menurut Ibnu Humayd, Ibnu Ishaq, dan Salamah anak-anak Adam adalah:
Qabil dan Iqlima,
Habil dan Labuda,
Sith dan Azura,
Ashut dan saudara perempuannya,
Ayad dan saudara perempuannya,
Balagh dan saudara perempuannya,
Athati dan saudara perempuannya,
Tawbah dan saudara perempuannya,
Darabi dan saudara perempuannya,
Hadaz dan saudara perempuannya,
Yahus dan saudara perempuannya,
Sandal dan saudara perempuannya,
dan Baraq dan saudara perempuannya.
Total keseluruhan anak Adam sejumlah 40.

WUJUD ADAM
Menurut Hadits Muhammad yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Adam memiliki postur badan dengan ketinggian 60 hasta (kurang lebih 27,432 meter).
 Hadits mengenai ini pula ditemukan dalam riwayat Imam Muslim dan Imam Ahmad, namun dalam sanad yang berbeda.

Sosok Adam digambarkan sangat beradab sekali, memiliki ilmu yang tinggi dan ia bukan makhluk purba. 
Ia berasal dari surga yang berperadaban maju. 
Turun ke muka bumi bisa sebagai manusia dari sebuah peradaban yang jauh lebih maju dan jauh lebih cerdas dari peradaban manusia sampai kapanpun, oleh karena itulah Allah menunjuknya sebagai Khalifah (pemimpin) di muka bumi.

 Dalam gambarannya ia adalah makhluk yang teramat cerdas, sangat dimuliakan oleh Allah, memiliki kelebihan yang sempurna dibandingkan makhluk yang lain sebelumnya dan diciptakan dalam bentuk yang terbaik. 
Sesuai dengan Surah Al Israa' 70, yang berbunyi:
 ...dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkat mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan (Al Israa' 17:70)

 Dalam surah At-Tiin ayat 4 yang berbunyi:
sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. (At Tiin 95:4)

Menurut riwayat di dalam Al-Qur'an, ketika Nabi Adam as baru selesai diciptakan oleh Allah, seluruh malaikat bersujud kepadanya atas perintah Allah, lantaran kemuliaan dan kecerdasannya itu, menjadikannya makhluk yang punya derajat amat tinggi di tengah makhluk yang pernah ada. 
Sama sekali berbeda jauh dari gambaran manusia purba menurut Charles Darwin, yang digambarkan berjalan dengan empat kaki dan menjadi makhluk purba berpakaian seadanya. 

MAHLUK SEBELUM ADAM
 Mengenai penciptaan Adam sebagai khalifah di muka bumi diungkapkan dalam Al-Qur'an:
 “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada Malaikat; 
“Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di bumi”. 
Mereka bertanya (tentang hikmat ketetapan Tuhan itu dengan berkata): 
“Adakah Engkau (Ya Tuhan kami) hendak menjadikan di bumi itu orang yang akan membuat bencana dan menumpahkan darah (berbunuh-bunuhan), padahal Kami senantiasa bertasbih dengan memuji-Mu dan mensucikan-Mu?” 
Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui akan apa yang kamu tidak mengetahuinya.” (Al-Baqarah 30)
 
Menurut syariat Islam, Adam tidak diciptakan di Bumi, tetapi diturunkan dimuka bumi sebagai manusia dan diangkat /ditunjuk Allah sebagai Khalifah (pemimpin/pengganti /penerus) di muka bumi atau sebagai makhluk pengganti yang tentunya ada makhluk lain yang di ganti, dengan kata lain adalah Adam 'bukanlah makhluk berakal pertama' yang memimpin di Bumi.

Dalam Al-Quran disebutkan tiga jenis makhluk berakal yang diciptakan Allah yaitu manusia, jin, dan malaikat. 
Manusia dan Jin memiliki tujuan penciptaan yang sama oleh karena itu sama-sama memiliki akal yang dinamis dan nafsu namun hidup pada dimensi yang berbeda. 
Sedangkan malaikat hanya memiliki akal yang statis dan tidak memiliki nafsu karena tujuan penciptaanya sebagai pesuruh Allah. 
Tidak tertutup kemungkinan bahwa ada makhluk berakal lain selain ketiga makhluk ini.

Dari ayat Al-Baqarah 30, banyak mengundang pertanyaan, siapakah makhluk yang berbuat kerusakan yang dimaksud oleh malaikat pada ayat di atas. 
Dalam Arkeologi, berdasarkan fosil yang ditemukan, memang ada makhluk lain sebelum manusia. 
Mereka nyaris seperti manusia, tetapi memiliki karakteristik yang primitif  dan tidak berbudaya.
Volume otak mereka lebih kecil dari manusia, oleh karena itu, kemampuan mereka berbicara sangat terbatas karena tidak banyak suara vowel yang mampu mereka bunyikan.

Sebagai contoh Phitecanthropus Erectus memiliki volume otak sekitar 900 cc, 
sementara Homo Sapiens memiliki volume otak di atas 1000 cc (otak kera maksimal sebesar 600 cc). 
Maka dari itu bisa diambil kesimpulan bahwa semenjak 20.000 tahun yang lalu, telah ada sosok makhluk yang memiliki kemampuan akal yang mendekati kemampuan berpikir manusia pada zaman sebelum kedatangan Adam.

Surah Al Hijr ayat 27 berisi:
Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas. (Al Hijr 15:27)  

. Dari ayat ini, sebagian lain ulama berpendapat bahwa makhluk berakal yang dimaksud tidak lain adalah Jin seperti dalam kitab tafsir Ibnu Katsir mengatakan: 
"Yang dimaksud dengan makhluk sebelum Adam diciptakan adalah Jin yang suka berbuat kerusuhan."

Menurut salah seorang perawi hadits yang bernama Thawus al-Yamani, salah satu penghuni sekaligus penguasa/pemimpin di muka bumi adalah dari golongan jin.
Walaupun begitu pendapat ini masih diragukan karena manusia dan jin hidup pada dimensi yang berbeda. 
Sehingga tidak mungkin manusia menjadi pengganti bagi Jin.

PENCIPTAAN ADAM
Setelah Allah SWT menciptakan bumi, langit dan malaikat,  Allah SWT  berkehendak untuk menciptakan mahluk lain yang nantinya akan dipercaya menghuni, mengisi, serta memelihara bumi tempat tinggalnya. 
Saat Allah SWT mengumumkan para malaikat akan kehendak-Nya untuk menciptakan manusia, mereka khawatir makhluk tersebut nantinya akan membangkang terhadap ketentuan-Nya dan melakukan kerusakan di muka bumi. 
Berkatalah para malaikat kepada Allah SWT :
 Mengapa engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" (Q.S.Al-Baqarah :30)

Allah SWT kemudian berfirman untuk menghilangkan keraguan para malaikat-Nya :
 Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui." (Q.S. Al-Baqarah :30)

Dalam Al Quran, Allah SWT menjelaskan penciptaan suatu makhluk dengan dua cara, dengan seketika atau langsung dan dengan proses bertahap. Proses penciptaan langsung misalnya yang berkaitan dengan mukjizat yaitu ular (dari tongkat nabi Musa as) dan unta betina nabi Shaleh as (yang keluar dari sebuah batu). 
Penegasan penciptaan langsung ini disebutkan dalam Al Quran surat Al Waqiah (56) ayat 35.



QS 56.35. “Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung”



Sedangkan proses penciptaan bertahap adalah seperti penciptaan nabi Adam as. 
Proses atau metode terciptanya nabi Adam as disebutkan dalam satu ayat dalam surat Nuh (71) ayat 17. Uniknya adalah ayat dalam surat Nuh ini berada dalam urutan terakhir (urutan ke-19) dari seluruh ayat yang menyebutkan tentang penciptaan nabi Adam as yang tersebar dalam Al Quran. Seolah-olah ayat ini merangkum seluruh proses penciptaan nabi Adam as yang disebutkan ayat-ayat sebelumnya.



QS 71.17. Dan Allah menumbuhkan (anbata) kamu dari bumi (ardh) dengan sebaik-baiknya (nabaatan)



Kata nabaatan diterjemahkan ‘dengan sebaik-baiknya’. Menurut saya kata tersebut adalah akar kata nabati (tumbuhan) jadi seharusnya diterjemahkan ‘seperti tumbuhan’. Bagaimana cara tumbuhan tumbuh? Tentu dengan cara bertahap (perlahan/dengan proses). Begitu jugalah nabi Adam diciptakan. Kata anbata (menumbuhkan) dapat diartikan menghadirkan atau menciptakan dengan suatu proses yang bertahap.


Rincian Tahap Penciptaan
Dalam Al Quran disebutkan bahwa manusia yang saat ini ada adalah keturunan dari Adam as. 
Manusia disebutkan berasal dari saripati tanah, artinya manusia berkembang dari saripati Adam as yang notabene diciptakan dari tanah. 
Saripati tanah = saripati Adam as, artinya disini dari air mani nabi Adam as-lah seluruh manusia dimasa ini berasal.
Ayat-ayat Al Quran yang menjelaskan penciptaan nabi Adam as secara berurutan dari awal hingga akhir adalah sebagai berikut (berjumlah 14 ayat):

1. QS 3.59. Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi Allah, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah (turaab), kemudian Allah berfirman kepadanya: "Jadilah" (seorang manusia), maka jadilah dia.

2. QS 6.2. Dialah Yang menciptakan kamu dari tanah (thiyn), sesudah itu ditentukannya ajal……

3. QS 7.12. Allah berfirman: "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?" Menjawab iblis "Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah (thiyn)".

4. QS 15.26. Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (shalshal) dari lumpur hitam (hamaain) yang diberi bentuk.

5. QS 15.28. Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (shalshal) dari lumpur hitam (hamaain) yang diberi bentuk,

6.  QS 15.33. Berkata Iblis: "Aku sekali-kali tidak akan sujud kepada manusia yang Engkau telah menciptakannya dari tanah liat kering (shalshal) dari lumpur hitam (hamaain) yang diberi bentuk"
 7. QS 17.61. …..mereka sujud kecuali iblis. Dia berkata: "Apakah aku akan sujud kepada orang yang Engkau ciptakan dari tanah (thiyn)?" 
8. QS 18.37. ……"Apakah kamu kafir kepada (Tuhan) yang menciptakan kamu dari tanah (turaab), kemudian dari setetes air mani…..”
9.   QS 20.55. …… Darinya (bumi/tanah(ardh)) itulah Kami menciptakan kamu….. 
10. QS 22.5. ….Kami telah menciptakan kamu dari tanah (turaab), kemudian dari setetes mani….. 
11. QS 23.12. ….Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (sulaatin) dari tanah (thiyn). 
12. QS 30.20. …Dia menciptakan kamu dari tanah (turaab), kemudian tiba-tiba kamu ……. 
13. QS 32.7. …. Dia ciptakan sebaik-baiknya dan Yang memulai penciptaan manusia dari tanah (thiyn). 
14. QS 35.11. Dan Allah menciptakan kamu dari tanah (turaab) kemudian dari air mani…. 
15. QS 37.11. …… Sesungguhnya Kami telah menciptakan mereka dari tanah liat (thiynillaazib). 
16. QS 38.71. …. kepada malaikat: "Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah (thiyn)" 
17. QS 38.76. ….. Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah (thiyn)". 
18. QS 40.67. Dialah yang menciptakan kamu dari tanah (turaab) kemudian dari setetes mani… 
19. QS 53.32. ...Dia menjadikan kamu dari tanah (ardh) dan ketika kamu masih janin … 
20. QS 55.14. Dia menciptakan manusia dari tanah kering (shalshal) seperti tembikar (fakhkhaar)
21. QS 71.17. Dan Allah menumbuhkan (anbata) kamu dari bumi (ardh) dengan sebaik-baiknya
 
Berdasarkan uraian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa:
a. Penciptaan nabi Adam as dilakukan secara bertahap, seperti tumbuhnya tumbuhan dari dalam bumi. Bertahap artinya berproses, tidak serta-merta “cling” ada dari ketiadaan.
b. Al Quran sudah menyebutkan komposisi kimiawi tubuh manusia dari zat-zat makro dan mikro antara lain :
1.    Thiyn sebagai simbol hydrogen (H)
2.    Turaab sebagai simbol oksigen (O)
3.    Hamaa-in sebagai simbol nitroten (N)
4.    Shalshal sebagai simbol karbon (C)
5.    Ardh dan Thiynillaazib sebagai simbol mineral-mineral mikro
Menurut berbagai literature, unsur yang paling banyak dalam tubuh manusia adalah karbon, karena ketika manusia maninggal unsur ini tetap bertahan. Namun sebenarnya jika diperhatikan berat tubuh manusia hidup didominasi oleh air yang mengandung unsur hidrogen dan oksigen.
c. Semua proses perubahan adalah dengan kehendak Allah SWT, sehingga dari unsur-unsur yang mati dapat tercipta sebuah bentuk unsur yang hidup. Hal ini dapat terjadi karena adanya factor ‘kehendak Allah SWT’, artinya jika proses ini dilakukan di laboratorium selama umur bumi pun, jika Allah SWT tidak menghendaki, tidak akan tercipta apapun, bahkan satu rantai molekul protein atau lemak yang sangat sederhana.
d. Manusia tidak akan dapat meniru kerja Allah SWT. Mengubah dari bentuk turaab menjadi kulit, tanah, daging, dan darah adalah proses yang ilmunya hanya dimiliki oleh Allah SWT. 
TEMPAT TINGGAL ADAM
Saat semua makhluk penghuni surga bersujud menyaksikan keagungan Allah SWT itu, hanya Iblis dari bangsa Jin yang membangkang dan enggan mematuhi perintah Allah SWT  karena merasa dirinya lebih mulia, lebih utama, dan lebih agung dari Adam.
Hal itu disebabkan karena Iblis merasa diciptakan dari unsur api, sedangkan Adam hanyalah dari tanah dan lumpur.
Kebanggaan akan asal-usul menjadikannya sombong dan merasa enggan untuk bersujud menghormati Adam seperti para makhluk surga yang lain.
Disebabkan oleh kesombongannya itulah, maka Allah SWT menghukum Iblis dengan mengusirnya dari surga dan mengeluarkannya dari barisan para malaikat disertai kutukan dan laknat yang akan melekat pada dirinya hingga kiamat kelak.

Disamping itu, ia telah dijamin sebagai penghuni neraka yang abadi.
Iblis dengan sombong menerima hukuman itu dan ia hanya memohon kepada Allah SWT untuk diberi kehidupan yang kekal hingga kiamat.
Allah SWT memperkenankan permohonannya itu.
Iblis mengancam akan menyesatkan Adam sehingga ia terusir dari surga.
Ia juga bersumpah akan membujuk anak cucunya dari segala arah untuk meninggalkan jalan yang lurus dan menempuh jalan yang sesat bersamanya.
Allah SWT kemudian berfirman bahwa setan tidak akan sanggup menyesatkan hamba-Nya yang beriman dengan sepenuh hati.

Allah  SWT hendak menghilangkan pandangan miring dari para malaikat terhadap Adam dan menyakinkan mereka akan kebenaran hikmah-Nya yang menyatakan Adam sebagai penguasa bumi,
maka Allah SWT memerintahkan malaikat untuk menyebutkan nama-nama benda.

Para malaikat tidak sanggup menjawab firmanAllah SWT untuk menyebut nama-nama benda yang berada di depan mereka dan mengakui ketidaksanggupan mereka dengan mengatakan bahwa mereka tidak mengetahui sesuatupun kecuali apa yang diajarkan-Nya.
Adam lalu diperintahkan oleh Allah SWT untuk memberitahukan nama-nama benda itu kepada para malaikat dan setelah diberitahu oleh Adam,
berfirmanlah Allah SWT kepada mereka bahwa hanya Allah SWT lah yang mengetahui rahasia langit dan bumi serta mengetahui segala sesuatu yang nampak maupun tidak nampak.
Ini menunjukkan bahwa manusia memiliki akal yang dinamis.
Sedangkan malaikat hanya memiliki akal yang statis sehingga hanya mengetahui hal-hal yang diajarkan langsung oleh Allah SWT saja.

Adam diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk tinggal di Surga dulu sebelum diturukan ke Bumi.
Allah SWT menciptakan seorang pasangan untuk mendampinginya.
Adam memberinya nama, Hawa.
Menurut cerita para ulama, Hawa diciptakan oleh Allah SWT dari salah satu tulang rusuk Adam sebelah kiri sewaktu beliau masih tidur sehingga saat beliau terjaga, Hawa sudah berada di sampingnya.
Allah SWT berfirman kepada Adam:
Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu syurga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik di mana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini, yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim." (Q.S. Al-Baqarah:35)

Sesuai dengan ancaman yang diucapkan saat diusir oleh Allah SWT dari surga akibat pembangkangannya, Iblis mulai berencana untuk menyesatkan Adam dan Hawa yang hidup bahagia disurga yang tenteram dan damai dengan menggoda mereka untuk mendekati pohon yang dilarang oleh Allah kepada mereka.

Iblis menipu mereka dengan mengatakan bahwa mengapa Allah SWT melarang mereka memakan buah terlarang itu karena mereka akan hidup kekal seperti Tuhan apabila memakannya.
Bujukan itu terus menerus diberikan kepada Adam dan Hawa sehingga akhirnya mereka terbujuk dan memakan buah dari pohon terlarang tersebut.
Jadilah mereka melanggar ketentuan Allah SWT sehingga Dia menurunkan mereka ke bumi.
Allah SWT berfirman:
 Turunlah kamu! Sebahagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan. (Q.S. Al-Baqarah:36)

Mendengar firman Allah SWT tersebut, sadarlah Adam dan Hawa bahwa mereka telah terbujuk oleh rayuan setan sehingga mendapat dosa besar karenanya.
Mereka lalu bertaubat kepada Allah SWT dan setelah taubat mereka diterima, Allah SWT berfirman:
Turunlah kamu dari Syurga itu! Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barangsiapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

Adam dan Hawa kemudian diturunkan ke Bumi dan mempelajari cara hidup baru yang berbeda jauh dengan keadaan hidup disurga.
Mereka harus menempuh kehidupan sementara dengan beragam suka dan duka sambil terus menghasilkan keturunan yang beraneka ragam bentuknya.

Menurut kisah Adam diturunkan di Sri Lanka di puncak bukit Sri Pada dan Hawa diturunkan di Arabia.

 Mereka akhirnya bertemu kembali di Jabal Rahmah di dekat Mekkah setelah 40 hari berpisah.
Setelah bersatu kembali, konon Adam dan Hawa menetap di Sri Lanka, karena menurut kisah daerah Sri Lanka nyaris mirip dengan keadaan surga.
Di tempat ini ditemukan jejak kaki Adam yang berukuran raksasa.

Di bumi pasangan Adam dan Hawa bekerja keras mengembangkan keturunan.


ADAM MENURUT YAHUDI DAN KRISTEN
 Kisah tentang Adam terdapat dalam Kitab Kejadian pada Torah dan Alkitab pasal 2 dan 3, dan sedikit disinggung pada pasal 4 dan 5. 
Beberapa rincian lain tentang kehidupannya dapat ditemukan dalam kitab kitab apokrif, seperti Kitab Yobel, Kehidupan Adam dan Hawa dan Kitab Henokh.


Menurut kisah di atas, Adam diciptakan menurut gambar dan rupa Allah.
Adam kemudian ditempatkan di dalam Taman Eden yang berarti tanah daratan, terletak di hulu Sungai
Pison, Gihon, Tigris, dan Efrat (di sekitar wilayah irak saat ini).
Ia kemudian diperintahkan oleh-Nya untuk menamai semua binatang.
Allah juga menciptakan makhluk penolong, yaitu seorang wanita yang oleh Adam dinamai Hawa.
Adam dan Hawa tinggal di Taman Eden dan berjalan bersama Allah,
tetapi akhirnya mereka diusir dari taman itu karena mereka melanggar perintah Allah untuk tidak
memakan buah dari pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.


Setelah diusir dari taman itu, Adam harus bekerja untuk menghidupi keluarganya.
Adam dan Hawa mempunyai tiga orang putra yang disebut dalam Kitab Kejadian, yaitu Kain, habel, Set,
dan sejumlah putra dan putri yang tidak disebutkan jumlahnya.
Kitab Yobel menyebutkan dua orang anak perempuan Adam dan Hawa, yaitu Azura yang menikah dengan
Set dan Awan, yang menikah dengan Kain.
Baik Kitab Kejadian maupun Kitab Yobel menyatakan bahwa Adam mempunyai anak yang lain,
tetapi nama mereka tidak disebutkan.


Menurut silsilah Kitab Kejadian, Adam meninggal dunia pada usia 930 tahun.
Dengan angka-angka seperti itu, perhitungan seperti yang dibuat oleh Uskup Agung Ussher,
memberikan kesan bahwa Adam meninggal hanya sekitar 127 tahun sebelum kelahiran Nuh,
sembilan generasi setelah Adam.
Dengan kata lain, Adam masih hidup bersama Lamekh (ayah Nuh) sekurang-kurangnya selama 50 tahun.
Menurut Kitab Yosua, kota Adam masih dikenal pada saat bangsa Israel menyeberangi Sungai Yordan untuk memasuki Kanaan.


Menurut legenda, setelah diusir dari Taman Eden, Adam pertama kali menjejakkan kakinya di muka bumi di sebuah gunung yang dikenal sebagai Puncak Adam atau Al-Rohun yang kini terdapat di Sri Lanka.

 MANUSIA MENURUT BANGSA NORWEGIA
 Dalam mitos Norwegia, sebelum bumi muncul ada dua dunia:
"Muspell adalah sebuah tempat cahaya dan panas, api baranya sangat panas, siapa yang bukan asli dari sana tidak akan bisa bertahan.
 Surt duduk di perbatasan Muspell, menjaga daratan tersebut dengan pedang yang membara.
Pada akhir dunia dia akan mengalahkan semua Dewa dan membakar semua dunia dengan apinya.

Di luar Muspell terletak kehampaan yang besar dan menguap namanya Ginnungagap, Ginnungagap terletak dalam kegelapan, ruang lingkup dingin dari"Niflheim", "Niflheim" adalah sebuah daratan yang dingin dan beku. Es, salju, angin, hujan dan dingin berat terpancar dari Niflheim, ketemu di Ginnungagap adalah udara lembut, panas, cahaya dan udara lembut dari Muspell. 
Ketika dingin dan beku dari Nifheim dan api bara dari Muspell bersentuhan, terjadilah tetesan yang mencair, cairan yang mengalir ini bergerak ke nenek moyang manusia raksasa Ymir.

Ymir tidur nyenyak. 
Di bawah lengan kirinya tumbuh seorang pria dan seorang wanita. 
Dan salah satu kakinya muncul anak lelaki dan lainnya. Ini adalah awal permulaan dari manusia raksasa yang mencair. 
Cairan salju tersebut kemudian berubah menjadi sapi raksasa yang disebut Audhumla. empat buah sungai susu mengalir dari putting susunya dan ia memberi minum Ymir. 
Sapi tersebut menjilat es asin yang beku. Setelah sehari, dia membebaskan rambut seorang pria dari es tersebut. 
Setelah dua hari, kepalanya muncul, pada hari ketiga seluruh tubuh pria tersebut muncul, namanya Buri, dia tinggi, kuat dan tampan.

Buri mempunyai seorang anak laki namanya Bor, Bor menikah dengan Bestla anak perempuan dari manusia raksasa. 
Bor dan Bestla memiliki tiga anak laki: Odin, Vili dan Ve'.
 Dipercaya bahwa Odin adalah penguasa langit dan bumi. 
Dia adalah paling besar dan paling popular di antara semua pria.

Ketika Ymir jatuh, dari lukanya mengalir darah yang membanjir, hingga semua raksasa beku cair, kecuali raksasa Bergelmir, dia melarikan diri bersama istrinya dengan memanjat ke Lur (sebatang pohon yang kosong di dalamnya dan bisa berfungsi sebagai perahu). 
Dari sana berkembang keluarga raksasa cair.

Anak laki Bor kemudian membawa Ymir ke tengah Ginnungagap dan menciptakan dunia darinya. 
Dari darahnya mereka membuat laut dan danau; dari dagingnya dibuat bumi; dari rambutnya dibuat pepohonan; dan dari tulangnya dibuat gunung. 
Mereka membuat batu dan kerikil dari gigi dan taring dan tulangya yang hancur.

Dwarfs terjadi dari daging Ymir dan menjadi hidup. 
Dengan perintah Tuhan mereka mendapatkan pemahaman manusia dan muncul di antaranya, walaupun mereka hidup di bumi dan di batu. 
Dari tenggorak Ymir anak Bor menciptakan langit dan mengaturnya di atas langit dengan empat penjuru, di setiap penjuru mereka meletakan sebuah dwarf, namanya adalah Timur, Barat, Utara dan Selatan.
 Mereka mengambil bintang dan membakar bara api yang terbang melewati setelah mereka meledakan Muspell, dan menempatkan mereka di tengah-tengah Ginnungagap untuk memberikan cahaya ke surga dan di bawah bumi.
 
Mereka kemudian menempatkan lokasi bintang tersebut. 
Bumi dikelilingi oleh laut yang dalam, Anak Bor memberikan daratan dekat laut untuk tempat tinggal keluarga raksasa. 
Untuk melindungi mereka dari musuh raksasa, anak Bor kemudian membuat pegangan pulau dengan menggunakan kening Ymir, mereka namakan itu Midgard. 
Ketika berjalan sepanjang pantai, anak Bor menemukan dua pohon, dia kemudian menciptakan sepasang pria dan wanita dari pohon tersebut.

Odin memberi spirit dan kehidupan pada pria dan wanita tersebut. 
Vili memberikan mereka pemahaman dan kekuatan bergerak, Ve' memberikan mereka pakaian dan nama, yang pria disebut Ask (Ash) dan yang wanita disebut Embla (Elm). 
Dari Ask dan Embla menurunkan ras pria yang hidup di Midgard.
Di tengah dunia ini anak Bor membangun benteng kuat untuk mereka namanya Asgard, generasi berikutnya disebut Troy. 
Tuhan dan keluarganya hidup di Asgard, banyak kejadian-kejadian yang terkenang terjadi di sini. 
Di Asgard, ada bangunan besar namanya Hlidskjálf. 
Odin duduk di sana pada kursi tinggi. 
Dari sana dia bisa melihat seluruh dunia dan dapat melihat apa yang dilakukan setiap orang. 
Dia memahami semua yang dilihatnya.

Odin menikah dengan Frigg, anak dari Fjörgvin. 
Keluarga ini menjadi semua keluarga yang menghuni di Asgard kuno dan kerajaan tersebut menjadi miliknya. 
Anggota keluarga ini disebut Æsir, dan mereka semuanya dewa. 
Ada alasannya mengapa Odin disebut Bapak dari semuanya. 
Dia adalah Bapak dari semua Tuhan dan pria dari semuanya yang diciptakan oleh kekuatannya. 
Bumi adalah anak perempuan Odin dan juga istrinya. 
Mereka punya anak sulung namanya Thor. Karakter Thor berkuasa dan kuat. 
Dengan ini dia mendominasi semua kehidupan.

Semua orang yang diberitahu mengetahui, 
Tuhan membuat jembatan dari bumi ke surga yang disebut Bifröst. 
Ada yang menyebutnya pelangi.
 Ia mempunyai tiga warna dan sangat kuat, bila dibandingkan dengan struktur lainnya ia dibuat 
dengan kecekatan dan kecerdasan tinggi, namun sangat kuat, ia akan putus bila anak Muspell menaikinya. 
Tuhan tidak akan marah bila struktur ini putus. 
Bifröst adalah jembatan bagus, namun di dunia ini tidak ada yang bisa 
 diandalkan jika anak Muspell sedang berperang. 
Sangsi dari Tuhan adalah oleh pohon Ash yaitu Yggdrasil. 
Mereka mengadakan pengadilan harian. 
Yggdrasil adalah yang paling bagus dan paling agung dari semua pohon. 
Ranting-rantingnya berkembang ke seluruh dunia dan naik ke atas mencapai surga.
 
MANUSIA PERTAMA MENURUT BANGSA PERSIA

 Dewa paling tinggi dalam mitos Persia Ahura Mazda menciptakan dunia, Alborz Mo , pengunungan Alburz tumbuh 800 tahun akhirnya mencapai langit. Dari sana hujan turun dan membentuk laut Vourukasha dan dua sungai utama. Binatang pertama di dunia kerbau putih hidup di pinggir sungai Veh Rod, namun dewa jahat Persia Angra Mainyu membunuhnya. Bibitnya dibawa ke bulan dan dimurnikan, terciptalah binatang-binatang dan tumbuh-tumbuhan.

Di seberang sungai hidup manusia pertama, Gayomard bercahaya seperti matahari. Angra Mainyu juga membunuhnya. Aduh! Matahari memurnikan bibitnya selama 40 tahun, kemudian tumbuh tanaman kelemabak (tanaman dengan tangkai banyak air untuk dimasak). Tanaman ini tumbuh menjadi Mashya dan Mashyanag, manusia yang pertama. Dalam mitos agama Penyebah Api, pertempuran antara dewa paling tinggi Ahura Mazda dengan dewa jahat Angra Mainyu berlangsung selama 12.000 tahun, dalam 3000 tahun pertama, dunia cemerlang Ahura Mazda dan dunia gelap Angra Mainyu bersama-sama eksis, umat manusia paling awal juga digoda dan disesatkan oleh kejahatn dan kegelapan.

Angra Mainyu tidak membunuh Mashya dan Mashyanag seperti membunuh kerbau putih, namun ia menyesatkan mereka agar menyembah dia. Setelah 50 tahun mereka melahirkan sepasang anak, namun dibawah arahan sesat Angra Mainyu sepasang suami istri ini memakan anaknya, hingga berdosa terhadapnya. Setelah itu dewa tertinggi Ahura mengembalikan sifat hakiki dari Mashya and Mashyanag, setelah itu makin banyak anak yang lahir, mereka akhirnya menjadi manusia yang paling awal.

MANUSIA PERTAMA MENURUT BANGSA BABYLON
Babylon: Dewi Kejahatan Setelah Meninggal Menciptakan Langit dan Bumi 
Mitos pencipta Babylonian Enuma Elish mulai Dewa air Apsu (segar) dan Tiamat (garam) melahirkan beberapa generasi Dewa langit. Dalam beberapa Dewa langit Ea adalah kakak sulung, di sampingnya ada banyak adik. Namun, Dewa kecil langit yang belum dewasa sangat ribut, hingga Apsu dan Tiamat tidak bisa tidur, hingga Apsu menyusun rencana untuk membunuh dewa-dewa kecil ini, namun rencana ini bocor, Ea malah duluan bergerak membunuh Apsu.

Setelah Tiamat tahu, dia bersumpah akan membalas dendam, dia menciptakan banyak monster, diantaranya termasuk: anjing gila, manusia kalajengking, manusia setengah kerbau dan naga raksasa dan sebagainya. Ea dan Dewa Damkina menciptakan Marduk, Dewa raksasa dengan empat mata dan empat telinga, Marduk menjadi dewa pelindung. Dalam perang jahat antara Marduk dan Tiamat, Marduk menggunakan sebatang anak panah memanah dan mengenai jantungnya. Dia kemudian menyobek tubuhnya menjadi dua bagian, terciptalah langit dan bumi, setelah itu dia menciptakan umat manusia, agar manusia kerja keras mengerjakan pekerjaan yang dewa tidak ingin lakukan, misalnya: pertanian, telemarketing dan accounting. (belakang ini Marduk muncul di Cartoon Network Sealab 2020!)

MANUSIA PERTAMA MENURUT BANGSA MESIR KUNO

Mesir Kuno: Pada Awalnya, Dunia Berada Dalam Kondisi Kacau Balau
Dalam mesir kuno banyak cerita mitos penciptaan. Semua dimulai dari adukan tak teratur, dewa langit Nu (ataun Nun). Atum mengharapkan dia mempunyai roh dan tubuh fisik, setelah itu dia menciptakan sebuah bukit kecil, bila tidak dalam dunia yang kacau-balau dia dia tidak ada tempat untuk berpijak. Atum adalah dewa yang bukan pria maupun wanita, matanya bisa memandang segala hal. Dari mulutnya dikeluarkan seorang anak, Shu adalah dewa udara; setelah itu dia keluarkan dari mulutnya lagi seorang anak perempuan, Tefnut dewa dari kelembaban. Mereka berdua diberi tugas mengubah kondisi semrawut alam semesta, Shu dan Atum menciptakan Geb dewa bumi dan juga Nut dewa langit, pada mulanya Geb dan Nut berlilit jadi satu, namun Geb berusaha tegak kembali, kemudian secara perlahan-lahan tatanan dunia baru akhirnya terbentuk, namun Shu dan Geb hilang dalam kegelapan.

Atum mengorek mata dirinya untuk mencari Shu dan Geb, akhirnya SHu dan Geb berhasil kembali ke sisi Atum. Atum sangat gembira, sangat terharu hingga meneteskan air mata, setiap tetesan airmatanya jatuh ke bumi terciptalah seorang manusia.

MANUSIA PERTAMA MENURUT BANGSA AZTESCS
Aztescs di Mesiko Kuno 
Dalam mitos bangsa ibu dari bumi adalah Aztescs Coatlicue, maksud nama ini adalah "rok ular", dalam mitos dia dilukiskan sangat menakutkan, dia memakai rantai di leher yang dibuat dari tangan manusia dan jantung, roknya dililit oleh ular-ular berbisa. Pada awalnya dalam tubuhnya ibu bumi Aztescs kemasukan pisau batu hitam dia jadi hamil dan melahirkan dewi bulan Coyolxauhqui, belakangan dia melahirkan 400 orang anak lagi, semua ini menjadi gugus bintang di langit selatan..

Setelah itu dari langit terbang dan turun suatu benda berbentuk bola berbulu ungas, Coatlicue menemukan dan menaruh sistem bola ini di pinggangnya, ini membuatnya hamil sekali lagi. Kehamilan ini membuat dewi bulan Coyolxauhqui dan 400 anaknya kaget dan marah besar, namun anak dalam perut Coatlique adalah Huitzilopochtli dewa perang dan matahari, dia meloncat keluar dari rahim ibunya, begitu dia keluar badannya sudah pakai baju lapis baja, dengan cepat dia tumbuh jadi dewasa.

Huitzilopochtli demi menghibur ibunya Coatlicue, dia kemudian menyerang dewi bulan Coyolxauhqui, di bawah bantuan ular api dia kemudian membunuh dewi bulan, Huitzilopochtli memenggal kepalanya dan dilemparkan ke langit, kepala ini dalam sekejab berubah menjadi bulan di langit.

MANUSIA PERTAMA MENURUT BANGSA CHINA
China: Pangu Membuka Langit, Nuwa Menciptakan Manusia
Benih telor alam semesta ngambang dalam ruang dimensi alam yang abadi, dia termasuk dua efek yang saling bertentangan: Yin dan Yang. Setelah beberapa reinkarnasi, Pangu dilahirkan, bagian yang terpenting dalam benih telor ---- Yin turun menjadi daratan, yang lebih ringan--- Yang membubung membentuk langit.

Pangu kwatir langit dan bumi menyatu lagi, dia lantas menggunakan tangan dan kakinya menopang langit dan bumi, dia tiap hari tumbuh sepanjang 10 inch, setelah 18.000 tahun ketinggian langit sudah mencapai 30.000 mil. Setelah tugas Pangu selesai, dia kemudian meninggal, bagian dari tubuhnya berubah menjadi materi hakiki alam semesta. Dewi Nuwa menjadi sangat sepi, dia kemudian mengambil lumpur dari sungai Huang untuk membuat manusia, dengan begitu manusia pertama muncul, kemudia dia pakai ranting pohon dan mengambil lumpur dan melemparnya ke tanah, beberapa titik lumpur kecil berubah menjadi umat manusia.

MANUSIA PERTAMA MENURUT BANGSA JEPANG

Jepang: Bumi Adalah Pulau yang Menyendiri
Dewa langit menciptakan dua bersaudara: kakaknya Izanag,i adik perempuan Izanami, mereka berdiri di jembatan mengambang di atas lautan primitif. Menggunakan tombak panjang mutiara dewa mengaduk di laut hingga terbentuklah pulau pertama Onogoro, di atas pulau ini mereka hidup sebagai suami istri.

Dewa marah kepada mereka karena mengingkari janji, sepasang suami istri ini menggunakan tongkat panjang mutiara lagi membentik pulau Jepang dan dewa-dewa dalam lautan, namun ketika dewa api Kagutsuchi-no-Kami dilahirkan, Izanami meninggal. Izanagi sangat sedih kemudian dia mengikuti roh Izanami datang ke neraka yang dikendalikan Yomi, Izanami makan makanan Yomi dan tidak izinkan reinkarnasi kembali.

Ketika Izanagi tiba-tiba melihat jasad Izanami yang mebusuk dia ketakutan dan melarikan diri, roh Izanami sangat marah dan terus mengejar Izanagi. Akhirnya, Izanagi berhasil melarikan diri dan keluar dari lubang neraka, dia kemudian mengikat diri dengan sebuah batu besar, selamanya berpisah dengan kematian, dia tidak ingin ke neraka lagi.

 MANUSIA PERTAMA MENURUT BANGSA INDIA
India: Prisip Alam Semesta dan Langit Brahma 
Banyak mitos pencipta terdapat dalam kosmologi Hindu. Dalam bahasa Vedic text, alkitab Rig Veda, dilukiskan mitos Hindu, Dewa yang sangat besar Purusha mempunyai ribuan kepala, mata dan kaki, dia memeluk seluruh bumi, sepuluh jarinya bila diperpanjang dapat menjangkau langit,

Ketika dewa langit memuja Purusha, tubuhnya mengeluarkan minyak mentega yang jernih, minyak ini kemudian berubah menjadi ungas dan binatang. Kemudian tubuh Purusha transformasi menjadi fondasi jutaan makhluk di dunia, serta menjadi dewa api Agni, dewa langit serta Indra , juga dari tumbuhnya tercipta empat kasta dalam masyarakat India: Brahmana, Bangsawan, ksatria, dan sudra. Menurut perkembangan sejarah terakhir, triniti dari Brahma Pencipta), Vishnu (pemelihara) dan Shiva (penghancur) menyatu ke permukaan. Brahma muncul dalam sebuah lotus yang sedang mekar dari pusat Nishnu yang tidur. Brahma menciptakan alam semesta, yang akan berakhir satu harinya, atau 4,32 juta tahun. Kemudian Shiva menghancurkan alam semesta dan sikuls dimulai lagi.

MANUSIA PERTAMA MENURUT BANGSA YUNANI DAN TITAN

Yunani dan TitanAbad ke VIII S.M dalam sajak mitos yang dicatat oleh orang Yunani Hesiod's Theogony, kondisi semrawut alam semesta primitif mulai dari dewa yang primitif, termasuk Dewi Gaia (ibu bumi). Gaia menciptakan langit Uranus untuk menutup dirinya., Uranus adalah Dewa primitive yang paling tinggi, dia adalah evolusi dari langit, anak dan pasangan Dewi Bumi. Uranus mengendalikan langit dan melindungi Gaia, Aai dan Gaia melahirkan dewa-dewa, kumpulan binatang aneh dan monster, termasuk Hecatonchires monster dengan 50 kepala dan seratus tangan, dan Cyloped "mata roda", matanya sebesar mata tunggal raksasa sebesar poros roda.

Gaia dan Uranus melahirkan 6 anak laki dan 6 anak perempuan. Uranus sangat tidak suka beberapa anak perempuannya yang rupanya mirip dan aneh, maka dia mengurungnya di Tartarus (lubang dalam di bawah neraka yang gelap tanpa matahari). Terhadap hal ini, Dewi Bumi Gaia sangat marah, dia memberi sebuah pisau besar ke anak bungsunya Cronus, bahkan memberitahu dia rencana membunuh Uranus.
Ketika Uranus mendekati Gaia mencoba bermesraan, anak bungsunya Cronus tiba-tiba meloncat keluar dan memotong alat kemaluan Uranus, ketika darah Uranus mengalir di lantai, terciptalah ras manusia raksasa, monster dan dewi pembalas dendam.

Dari busa laut yang diaduk oleh buah pelir suci munculah dewa Aphrodite. Kemudian, ayah Cronus generasi dewa berikut, ,Zeus dan Olympian.

MANUSIA MENURUT TEORI CHARLES DARWIN

Darwin mengajukan penyataannya bahwa manusia dan kera berasal dari satu nenek moyang yang sama dalam bukunya The Descent of Man, terbitan tahun 1871. Sejak saat itu hingga sekarang, para pengikut jalan Darwin telah mencoba mendukung pernyataannya. Tatapi meskpun berbagai penelitian telah dilakukan, pernyataan mengenai "evolusi manusia" tidak didukung oleh penemuan ilmiah yang nyata, khususnya dalam hal fosil.
Kebanyakan masyarakat awam tidak menyadari kenyataan ini, dan berfikir bahwa pernyataan evolusi manusia didukung oleh banyak bukti yang kuat. Penyebab adanya opini yang keliru ini adalah bahwa permasalahan ini sering dibahas dalam media dan dihadirkan sebagai fakta yang terbukti. Tetapi yang benar-benar ahli dalam masalah ini menyadari bahwa tidak ada landasan ilmiah bagi pernyataan evolusi manusia. David Pilbeam, ahli paleoanthropologi dari Harvard University, mengatakan: “Jika Anda mengundang seorang ilmuwan dari bidang ilmu yang lain dan menunjukkan padanya sedikitnya bukti yang kita miliki ia tentu akan mengatakan, "Lupakan saja; itu tidak cukup untuk diteruskan.”
Dan William Fix, seorang penulis sebuah buku penting dalam bidang paleoanthropologi, berkomentar: “Seperti yang telah kita lihat, ada banyak ilmuwan dan orang-orang populer saat ini yang memiliki nyali untuk mengatakan bahwa ‘tidak ada keraguan’ tentang bagaimana manusia berasal. Jika saja mereka memiliki bukti.”
Tetapi apakah landasan gagasan evolusi manusia yang diajukan oleh para evolusionis? Ialah adanya banyak fosil yang dengannya para evolusionis bisa membangun tafsiran-tafsiran khayalan. Sepanjang sejarah, telah hidup lebih dari 6.000 spesies kera, dan kebanyakan dari mereka telah punah. Saat ini, hanya 120 spesies yang hidup di bumi. Enam ribu atau lebih spesies kera ini, di mana sebagian besar telah punah, merupakan sumber yang melimpah bagi evolusionis.Pernyataan evolusi ini, yang "miskin akan bukti," memulai pohon kekerabatan manusia dengan satu kelompok kera yang telah dinyatakan membentuk satu genus tersendiri, Australopithecus. Menurut pernyataan ini, Australopithecus secara bertahap mulai berjalan tegak, otaknya membesat, dan ia melewati serangkaian tahapan hingga mencapai tahapan manusia sekarang (Homo sapiens). Tetapi rekaman fosil tidak mendukung skenario ini. Meskipun dinyatakan bahwa semua bentuk peralihan ada, terdapat rintangan yang tidak dapat dilalui antara jejak fosil manusia dan kera. Lebih jauh lagi, telah terungkap bahwa spesies yang digambarkan sebagai nenek moyang satu sama lain sebenarnya adalah spesies masa itu yang hidup pada periode yang sama. Ernst Mayr, salah satu pendukung utama teori evolusi abad ke-20, berpendapat dalam bukunya One Long Argument bahwa "khususnya [teka-teki] bersejarah seperti asal usul kehidupan atau Homo sapiens, adalah sangat sulit dan bahkan mungkin tidak akan pernah menerima penjelasan akhir yang memuaskan."
Di lain pihak, terdapat perbedaan yang berarti dalam susunan anatomi berbagai ras manusia. Terlebih lagi, perbedaannya semakin besar antara ras prasejarah, karena seiring dengan waktu ras manusia setidaknya telah bercampur satu sama lain dan terasimilasi. Meskipun demikian, perbedaan penting masih terlihat antara berbagai kelompok populasi yang hidup di dunia saat ini, seperti, sebagai contoh, ras Scandinavia, suku pigmi Afrika, Inuits, penduduk asli Australia, dan masih banyak lagi yang lain.
Tidak terdapat bukti untuk menunjukkan bahwa fosil yang disebut hominid oleh ahli paleontologi evolusi sebenarnya bukanlah milik spesies kera yang berbeda atau ras manusia yang telah punah. Dengan kata lain, tidak ada contoh bagi satu bentuk peralihan antara manusia dan kera yang telah ditemukan.
Setelah semua penjelasan umum ini, sekarang mari kita telaah bersama hipotesis evolusi manusia.

Pohon Kekerabatan Manusia Yang Dibuat-Buat
Pernyataan Darwin mendukung bahwa manusia modern berevolusi dari sejenis makhluk yang mirip kera. Selama proses evolusi tanpa bukti ini, yang diduga telah dimulai dari 5 atau 6 juta tahun yang lalu, dinyatakan bahwa terdapat beberapa bentuk peralihan antara manusia moderen dan nenek moyangnya. Menurut skenario yang sungguh dibuat-buat ini, ditetapkanlah empat kelompok dasar sebagai berikut:
1. Australophithecines (berbagai bentuk yang termasuk dalam genus Australophitecus)
2. Homo habilis
3. Homo erectus
4. Homo sapiens
Genus yang dianggap sebagai nenek moyang manusia yang mirip kera tersebut oleh evolusionis digolongkan sebagai Australopithecus, yang berarti "kera dari selatan." Australophitecus, yang tidak lain adalah jenis kera purba yang telah punah, ditemukan dalam berbagai bentuk. Beberapa dari mereka lebih besar dan kuat ("tegap"), sementara yang lain lebih kecil dan rapuh ("lemah")
Para evolusionis menggolongkan tahapan selanjutnya dari evolusi manusia sebagai genus Homo, yaitu "manusia." Menurut pernyataan evolusionis, makhluk hidup dalam kelompok Homo lebih berkembang daripada Australopithecus, dan tidak begitu berbeda dengan manusia moderen. Manusia moderen saat ini, yaitu spesies Homo sapiens, dikatakan telah terbentuk pada tahapan evolusi paling akhir dari genus Homo ini. Fosil seperti "Manusia Jawa," "Manusia Peking," dan "Lucy," yang muncul dalam media dari waktu ke waktu dan bisa ditemukan dalam media publikasi dan buku acuan evolusionis, digolongkan ke dalam salah satu dari empat kelompok di atas. Setiap pengelompokan ini juga dianggap bercabang menjadi spesies dan sub-spesies, mungkin juga. Beberapa bentuk peralihan yang diusulkan dulunya, seperti Ramapithecus, harus dikeluarkan dari rekaan pohon kekerabatan manusia setelah disadari bahwa mereka hanyalah kera biasa.
Dengan menjabarkan hubungan dalam rantai tersebut sebagai "Australopithecus > Homo Habilis > Homo erectus > Homo sapiens," evolusionis secara tidak langsung menyatakan bahwa setiap jenis ini adalah nenek moyang jenis selanjutnya. Akan tetapi, penemuan terbaru ahli paleoanthropologi mengungkap bahwa australopithecines, Homo habilis dan Homo erectus hidup di berbagai tempat di bumi pada saat yang sama. Lebih jauh lagi, beberapa jenis manusia yang digolongkan sebagai Homo erectus kemungkinan hidup hingga masa yang sangat moderen. Dalam sebuah artikel berjudul "Latest Homo erectus of Java: Potential Contemporaneity with Homo sapiens ini Southeast Asia," dilaporkan bahwa fosil Homo erectus yang ditemukan di Jawa memiliki "umur rata-rata 27 ± 2 hingga 53.3 ± 4 juta tahun yang lalu" dan ini "memunculkan kemungkinan bahwa H. erectus hidup semasa dengan manusia beranatomi moderen (H. sapiens) di Asia tenggara"
Lebih jauh lagi, Homo sapiens neanderthalensis (manusia Neanderthal) dan Homo sapiens sapiens (manusia moderen) juga dengan jelas hidup bersamaan. Hal ini sepertinya menunjukkan ketidakabsahan pernyataan bahwa yang satu merupakan nenek moyang bagi yang lain.
Pada dasarnya, semua penemuan dan penelitian ilmiah telah mengungkap bahwa rekaman fosil tidak menunjukkan suatu proses evolusi seperti yang diusulkan para evolusionis. Fosil-fosil, yang dinyatakan sebagai nenek moyang manusia oleh evolusionis, sebenarnya bisa milik ras lain manusia atau milik spesies kera.

 Seperti itulah yg bisa saya Ambil dari Berbagai Sumber dan teman blogger yg tidak bisa disebutkan satu persatu link nya.
Jika Ada Kesalahan saya Mohon Maaf yang Sebesar - besarnya.
dan Mohon Pencerahannya.
Terimakasih.

print halaman iniPrint halaman ini

233 comments:

animasi mengatakan...

karena allah tidak pernah bohong,bahwa semua yang dianggap manusia tidak mungkin ,namun bagi allah itu tidak ada yang tidak mungkin ...............

siti fatimah mengatakan...

subahanallah....

fadly syahril mengatakan...

ya sya smpt kgum jg ne atas pngetahuan anda bnar" dalam jg yah,,,,
yah memang benar cerita" yng anda uraikan tuh benar ada dalam al-qur'an,,,
ma ksih yah sya jadi lebih tau banyak lagi ne,,,,,,

Anonim mengatakan...

maaf, sepertinya anda tidak mencantumkan baik referensi, dalil dalam al quran atau hadist beserta perawinya. anda jgn sembarangan membuat kisah ini, karena ini adalah kisah nabi allah SWT. dan sptnya kata"allah" pun tidak anda cantumkn SWT-nya. saya ragu dgn anda

Anonim mengatakan...

hahaha..onon-ono wae..mosok adam bhasa araf???
bukannya bahasa batak coi?? hehehe

Anonim mengatakan...

setiap bangsa didunia punya cerita genesis masing masing, puluhan versi, ada yang berasal dari tanah, batu, pohon angin, dan lainnya,yang menarik ada beberapa clue yang sangat penting, adalah bagian yg menceritakan perpindahan dari satu tempat ke tempat lainnya, dari taman firdaus ke dunia, dari utara berlayar ke selatan, dari langit ke bumi dan sebagainya, ini clue purba mengenai migrasi yg mampu diingat manusia, meskipun sangat sayup sayup dalam ingatan, migrsi sangat penting dalam sejarah manusia, bisa karena bencana, peperangan, pandemi, pengusiran, aneksasi bangsa satu ke bangsa lainnya, seperti yang kita lihat sisanya masa kini, kenapa bangsa arab selalu bermusuhan dengan bangsa yahudi, dan mengenang fir'aun dalam hujatan, ya karena mereka ber interaksi di local yang sama dan saling mendominasi, mereka tidak pernah menyebut bangsa bangsa di mikronesia,polynesia dll sebagai musuhnya, ya memang tidak pernah bertemu dan berebut sumber air dan akses ke tanah tanah yang subur

Anonim mengatakan...

setiap bangsa didunia punya cerita genesis masing masing, puluhan versi, ada yang berasal dari tanah, batu, pohon angin, dan lainnya,yang menarik ada beberapa clue yang sangat penting, adalah bagian yg menceritakan perpindahan dari satu tempat ke tempat lainnya, dari taman firdaus ke dunia, dari utara berlayar ke selatan, dari langit ke bumi dan sebagainya, ini clue purba mengenai migrasi yg mampu diingat manusia, meskipun sangat sayup sayup dalam ingatan, migrsi sangat penting dalam sejarah manusia, bisa karena bencana, peperangan, pandemi, pengusiran, aneksasi bangsa satu ke bangsa lainnya, seperti yang kita lihat sisanya masa kini, kenapa bangsa arab selalu bermusuhan dengan bangsa yahudi, dan mengenang fir'aun dalam hujatan, ya karena mereka ber interaksi di local yang sama dan saling mendominasi, mereka tidak pernah menyebut bangsa bangsa di mikronesia,polynesia dll sebagai musuhnya, ya memang tidak pernah bertemu dan berebut sumber air dan akses ke tanah tanah yang subur

Anonim mengatakan...

kecerdasan sprituil anda bagus.. tapi kita manusia hanya bisa menerka yang lebih tahu hanya allah swt.. dari maka itu kita mencari bekal untuk masa di akhirat nanti dan terjawablah semuanya

Terimakasih atas informasinya

Demi Masa mengatakan...

Sangat bagus kehendak allah aku jadi mempunyai banyak ilmu yg ku dapat.subhanaullah

Demi Masa mengatakan...

Sangat bagus kehendak allah aku jadi mempunyai banyak ilmu yg ku dapat.subhanaullah

Unknown mengatakan...

kisahnya hampir sempurna walau msh ada bgian2 yg kurg lgkap..bgi rekan2 yg mau tau persis hrus melalui pembimbing lansung dan tdk bs baca dri buku2 atau kisah2,krna apa2 yg ditulis kdg py mkna yg berbeda,knp saya blg bgtu??...saya ambil 1 contoh "siksa kubur" knp yg ditulis siksa kubur?'sdgkn yg dikubur cuman bangke kita,apa mgkin bangke kita yg disiksa??tentu tdak bkn??disinilh kta perlu pembimbing lasung biar tdk slh pemahamn...smga bermnf't.

Anonim mengatakan...

Ada cerita : satu di jepang dan satu di Indonesia sendiri
Di jepang, diceritakan bahwa kaisar jepang merupakan keturunan dewi matahari (cari sendiri ceritanya). Tentunya kita sbg orang non jepang akan menertawakan itu, mana mungkin matahari mempunyai keturunan manusia. Nah itulah salah satu cara, bagaimana cara mengangkat derajat sosial, memutus jalur keturunan yang berasal dari rakyat jelata, maka dibuatkan kisah.. kaisar jepang berasal dari keturunan dewi matahari.. ya kita cuma bisa hi hi hi hi hi, lucu, aneh bin ajaib
Di Indonesia, ada cerita maling kundang, tahu kan maling kundang, itu manusia tidak mau mengakui dan malu akan ibunya yang dari rakyat jelata.. padahal maling kundang anak dari ibu yang jelata itu..wah, terkutuk dia.. orang tua yang jelata tidak diakui dan malu punya orang tua seperti dia (ibunya).. dikutuklah jadi batu.

Apakah kita mau buat cerita kaya di jepang, atau
Apakah kita akan seperti maling kundang, malu akan orang tuanya? Akankan manusia malu kalau mempunyai leluhur yang lebih jelata lagi dari ibunya maling kundang.. Ibunya maling kundang itu lumayan lo, masih manusia…. La kalo dibilang kita keturunan yang lebih rendah dari rakyat jelata apa kita keberatan… itulah yang terjadi sekarang… manusia malu mengakui akan leluhurnya….
Fakta dan nyata bahwa manusia dan primata mirip kalo tidak boleh dibilang sama……98% gennya sama.. maka, kenapa? akuilah saja bahwa primata itu saudara… alias mbahnya mbahnya orang dan mbahnya mbahnya primata itu sama…
Ee ingat lo… manusia bukan keturunan primata/monyet ….. tapi mbahnya manusia dan mbahnya primate sama …. Nah… mari kita jadi maling kundang saja… mari kita ingkari leluhur/orangtuanya orang tua kita dulu/mbahnya mbah kita dulu adalah seperti itu, makhuk purba yang nguk-nguk-nguk juga.
Hanya karena malu mengakui leluhur yang nguk-nguk-nguk, maka, mari kita jadi maling kundang…

Unknown mengatakan...

Maaf.
Ni saya sdkt heran.
Adam adalah manusia pertama, 0t0matis manusia tdak ada sebelum dia,
bagaimana bisa ni di ceritakan, di sampaikan sebagus ini.
Sumbernya dari mana.
Ok lah jika salah satu referensinya qur an. Tp stahu saya qur' an gak serinci ini membahas.

Unknown mengatakan...

Maaf.
Ni saya sdkt heran.
Adam adalah manusia pertama, 0t0matis manusia tdak ada sebelum dia,
bagaimana bisa ni di ceritakan, di sampaikan sebagus ini.
Sumbernya dari mana.
Ok lah jika salah satu referensinya qur an. Tp stahu saya qur' an gak serinci ini membahas.

Unknown mengatakan...

Maaf.
Ni saya sdkt heran.
Adam adalah manusia pertama, 0t0matis manusia tdak ada sebelum dia,
bagaimana bisa ni di ceritakan, di sampaikan sebagus ini.
Sumbernya dari mana.
Ok lah jika salah satu referensinya qur an. Tp stahu saya qur' an gak serinci ini membahas.

Bikin penasaran untuk dipelajari ya..
Sekaligus mencari asal usul kita..
Adam, manusia modern pertama..

Anonim mengatakan...

kalo menurut saya sih gak masuk akal, masa ciptakan adam tanahnya diambil dari berbagai negara, adam di ciptakan dari segumpal tanah tok dan itu diambil tanahnya di jawa, krn sejarah asal muasal kehidupan dari jawa

Anonim mengatakan...

Allah Maha dalam SEGALANYA

Anonim mengatakan...

assalam.....
setiap penulisan bolehlah verrsi masing 2 menurut kepercaan anda,semua bagus and benar ada'y,tp yg mesti kita hrs ingat kebenaran itu hanya haq milik 'y allah azza wa jalla semata.........

perlu kita tw yg menulis/buat artikel inikan manusia biasa sm jg seperti kita umum'y,jd dah pasti dong khilaf bisa menyertai'y................wassalam

Anonim mengatakan...

semua mahluk diciptakan dari bahan yang sama. dalam proses kejadian yang unik. kisahnya mungkin tak sederhana itu. kejadian manusia pertama dan mahluk lain yang pertama pula dijadikan adalah suatu proses yang sitematis. perlu kajian dan analisis ilmiah tentang itu semua. cerita anda mirip dongeng saja. Maha Suci Tuhan. tak mungkin dalam penciptaan mahluk mengotori DZATNYA.

Lamboreo potret mengatakan...

Saya kagum dgn pendapat anda,,
knapa manusia smakin pintar justru tambah bodoh,..
Coba anda berjalan dan berpikirlah,renungkanlah..kenapa kita diadakan..

Lamboreo potret mengatakan...

Saya kagum dgn pendapat anda,,
knapa manusia smakin pintar justru tambah bodoh,..
Coba anda berjalan dan berpikirlah,renungkanlah..kenapa kita diadakan..

Lamboreo potret mengatakan...

Saya kagum dgn pendapat anda,,
knapa manusia smakin pintar justru tambah bodoh,..
Coba anda berjalan dan berpikirlah,renungkanlah..kenapa kita diadakan..

Anonim mengatakan...

Saya percaya dengan semua ni,.
manusia d ciptakan dari tanah dngan sempurna dan smua manusia berbeda warna kulit da yg putih dan da yg hitam itu pun da yg dari keturunan dan da yg memang d ciptakan tuk hitam.....
Hahahahaha
I like it..

Anonim mengatakan...

Subhanalloh..

Unknown mengatakan...

Luar biasa,,

Anonim mengatakan...

tuk yg blng asal mula kehidupan dr jawa,ngawur lo ogeb

Unknown mengatakan...

http://beritaanehunikgokil.blogspot.com/2013/01/sejarah-dan-asal-usul-orang-melayu.html?m=1

maha suci allah...
Waktu adalah relatif, ada yang bilang sehari itu lama, karena dia belum pernah menunggu selama itu sebelumnya, ada yang bilang 1000 tahun itu sebentar karena dia pernah menunggu lebih lama dari itu...

Anonim mengatakan...

ada yg bilang kita keturunan primata,ada yg bilang awal khidupan d jawa ada yg bilang keterang alquran kurang detil...hemm...yg punya pndapat masing masing sbenarnya itu paham apa gk??? apa mmng rasa idealis yg tinggi yg bikin kalian smua jd kolot...kembalikan aja smua sama keyakinan masing masing gtu aja kq repot bodo dpelihara

Unknown mengatakan...

berpeganglah pada alquran.....

jimmy donk mengatakan...

asal mula kehidupan dan manusia pertama tidak ada yang tahu. semua agama punya versinya masing2. tapi ini yg gak masuk akal, ngebuat Adam diambil tanahnya dari berbagai negara sedangkan kita tau kalo dulu daratan di bumi masih bersatu artinya tidak terpecah2 seperti sekarang. ngawurnya jgn kelewatan dah

Unknown mengatakan...

baca tgal bca gk ush pd nyolot
gegoh selut unyin

Eplasafi mengatakan...

sip gan
ane dapet pengetahuan baru

Grimmjow mengatakan...

bagusnya kalau mau cerita asal usul nabi adam di pisahkan mana versi dari al-quran , yang mana dari versi perilmuan ( kejawen ) , yang mana dari versi china dan lain2 .
Kalau dicampurkan jadinya bingung sebenernya TS nya ngambil dari versi yg mana ??????

Unknown mengatakan...

Subhanalloh,,, thanks pada admin ya,,, dmembaca ini jadi pengetahuan bagi saya khususnya,, wallohu a'lam bisshowaab , subhanalloh,,

Unknown mengatakan...

Subhanalloh,,, thanks pada admin ya,,, dmembaca ini jadi pengetahuan bagi saya khususnya,, wallohu a'lam bisshowaab , subhanalloh,,

Anonim mengatakan...

bagi saya tak jadikan masalah penciptaan adam..adam diciptakan dari tanah atau berasal dari kera..asalkan yang menciptakan tanah dan kera itu tetap ALLAH SWT..

dan seandainya diciptakan dari kotoran kerapun saya akan percaya asalkan yang menciptakannya tetap ALLAH SWT..

Unknown mengatakan...

Qta hanya trcipta dri segumpal darah dan setetes air hina.. jdy jgn mrsa smpurna klaw hny skdr tw crita nya bukan tw dari arti alquran..

Unknown mengatakan...

Kok adam diciptakan dgn campuran api jga ya???
Dan juga knapa tdak di ceritakan keirian setan terhadap adam??
Terciptanya pusar manusia kan dari ludah setan???

Unknown mengatakan...

Hah manusia selalu mencari perbedaan,, selalu debat.
Coba cari persamaannya
1.adam manusia pertama yg di ciptakan allah.
Sip

Anonim mengatakan...

Yg pennting anda punya iman. Gk perlu diperdebatkan.

nerakayangasyik mengatakan...

Saya bertanya2 kenapa bumi bisa mengatakan kalau manusia akan berbuat dosa maksiat n kerusakan seolah2 bumi tau yg akan terjadi, padahal kan manusia (Adam) belum di ciptakan pas diperintah, bukankah yg tau segalanya cuma allah SWT.kenapa bumi bisa menolak perintah sampai 2x dari yg menciptakannya (Allah SWT).
Sesungguhnya Jika allah SWT sudah berkhendak berjuta bumi pun tidak mustahil akan tercipta.
Jika anda ingin mencari kebenaran maka alqur'an lah jawabannya...
ALLAH MAHA SEGALA

Anonim mengatakan...

klo loe, bca AL-QUR AN ja,, tuh kya musadeg,, yg ngaku2 jdi nabi, bca AL-QUR AN & hadist ya. nah cri dah ulama,khiayi,ustad, nah blajar dah tuh. klo lo baca AL-QUR AN ya ja,, ampe mati jga gak bakal ketemu.. mnta ma para2 ulama untuk nafsir kan al-qur an.
klo lo bicara masalah manusia di ciptakan,, gw tnya dlu AGAMA lo pa? jgn suka menkritik cerita orang.. inilah orng INDONESIA,hnya bsa mengkritik hsil karya orng.. mankaya, ni negara gak pernah maju.
tidak sperti neggara luar.
ISLAM tu,, indah.

Anonim mengatakan...

Sangat Bermanfaat!

fiibuyutikunna mengatakan...

"Ilmu akan memberikan pencerahan" tapi harus dari sumber yang benar dan bisa dipertanggung jawabkan. terimakasih :)

Unknown mengatakan...

Wallahualam

Nourrochman mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Nourrochman mengatakan...

setuju dgn mas anonim hrs berpegang dgn quran&hadits .
dan saya prnah dengar cerita kalo iblis berkata: aku lebih baek dr pd adam.
kalo aku pikir² kog sama dgn orang bodoh goblok²ne kancane.
warning!

wallohu 'ala kulli syaiin qodir

Unknown mengatakan...

Setelah manusia di cipataKan,dan di turunKan ke bumi. .
Manusia itu untuk apa. . .???
Dan apa tujuan manusia. . .???

Unknown mengatakan...

Setelah manusia di cipataKan,dan di turunKan ke bumi. .
Manusia itu untuk apa. . .???
Dan apa tujuan manusia. . .???

ricjan mengatakan...

makasih untuk infonya..
mudah-mudahan berrmanfaat .

Anonim mengatakan...

Dari apa/dari mana n bagaimana prosesnya yg penting hidup memahami kehidupan & penghidupnya. Karena kita tdk dpt lepas dr hukum & ke-esaan-Nya

eko4ries69.blogspot mengatakan...

menyesatkan bro? Hati2 kalo posting, smakin bnyak di sebarkan anda akan mendapatkan hukuman dari allah karena gag ada sumbernya? Dan anda akan di pertanggung jawbkan nanti? Jika anda ingin slamat dunia akhirat hapus blog ini? Atau di non aktifkan? Sesungguhnya azab allah pedih? Ingatlah saudaraku q cman mengingatkan

Unknown mengatakan...

klian semua ini cuman bisanya mengkritik,,,, baca alquran saja nggak becus,,,,,,,,
dan perlu kalian ketahui semua.... kalau se andainya allquran menjelaskan semua scara detail,,,, maka tidak ada gunanyya,,,, kitab,kitab yang menerangjkan,,, bagaimana cara mafsirkkan alquran dengan baik,,,,,,,,,,,,
perlu di ingat bahasa alquran dengan bahasa arab iitu lain,,,,,....
dalam satu kata dalam alquran itu suda mengandung 1oo0 makna.........
kalian itu jangan cuman belajar tentang dunia tok,,,,,,
yang di kejar hanyalach pangkkat sedangkat ilmu agama kalian tidak tahu,,,,
kalau kalian pengen tau,,,, bagaiman perinciannya,,, kalian cari sendiri,,,, kalau kalian memang agama islam dan punya akal.......
dari anak madura,,,,

apotek online mengatakan...

Al-Quran adalah sumber segala ilmu. Yang menjadi PR saya sekarang ini, yaitu cara untuk menjelaskan awal mulanya manusia diciptakan secara ilmiah, karena sekarang sudah berkembang kepercayaan bahwa manusia dari kera yang sama sekali bertentangan dengan Al-Quran, yang mengakui hal ini bukan saja orang kafir tetapi muslim yang liberalis, yang sekuler juga ikut-ikutan memperkuat pernyataan yang sama ini. Mohon informasi proses awal mulanya terciptanya manusia secara ilmiah menurut Al-Quran

Unknown mengatakan...

Haqulyaqin...adam di ciptakan oleh allah swt dari tanah liat..nabi adam lah manusia pertama yg tinggal di bumi..

Unknown mengatakan...

Apa yg harus di perdebatkan..skrng bukan zaman jahiliyah,,,,kalo pengen ngerti baca dan hayati apa yg terkandung dlm kitab suci al-qur'an...islam mengajarkan ROHMATAN LIL'ALAMIN....

Unknown mengatakan...

Sya stuju dengan pendapt anda

Unknown mengatakan...

Sya stuju dengan pendapt anda

Anonim mengatakan...

Kenapa ya bro...dalam ilmu sejarah di sekolah-sekolah, sejarah manusia di mulai dari Evolusi kera (teori darwin) dan penemuan Fosil-fosil manusia purba, tetapi tidak berasal dari Adam / Hawa (Kitab Suci ) ...., jadi yang bener yang mana bro....

Anonim mengatakan...

Penelitian baru2 ini telah di temukan DNA dari pria keturunan Afro Amerika yg tinggal di California, kromosom Y dri pria ini berbeda dengn kromosom manusia modern Saat ini. Kromosom Y pria ini setelah di teliti jauh lebih tua dri kromosom Y yg qta miliki. Kesimpulannya manusia modern ( homo sapien) pria tersebut atau nenek moyang pria tersebut jauh lebih tua Dari Adam.

Unknown mengatakan...

bos, jika tujuan Allah SWT menciptakan Adam utk menjadi kholifah di bumi, mengapa Adam ditempatkan di syurga dan baru diturunkan ke Bumi setelah melanggar perintah Allah swt?ko ga langsung aja ditempatkan di bumi?siapa aja saya tunggu jawabannya.thanks.

Unknown mengatakan...

sebuah keajaiban ,, di ambil positifnya aja gan :)

Anonim mengatakan...

Tulisan yang memberi inspirasi reflektif yang amat mendalam bagi yang membacanya..
Kalau boleh, diperhatikan isinya agar tiddak terlalu mencolok ke dan dari kelompok (agama) tertentu, biar itu bisa dibaca secara universal.. Saya katakan demikian karena ini mungkin akan memberi ketidakpuasan tersendiri bagi orang yang kelompoknya tidak dijelaskan secara detail tentang pandangan kelompoknya terkait manusia pertama ini.
Terlepas dari hal ini, saya pribadi sangat salut dengan tulisan anda. Anda telah berusaha untuk menjadi penulis yang bisa berada pada situasi lintas batas. maksudnya anda tetap berada sebagai insan yang berani melakukan studi perbandingan agama-agama dan kepercayaan-keercayaan universal.

Anonim mengatakan...

allah benar2 kuasa

Unknown mengatakan...

ASSALAMU ALAIKUM WR-WB KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH ATAS BANTUAN AKI,JATI LUHUR KARNA NOMOR GHOIB/RITUAL JITU YANG AKI,BERIKAN 4D (8301) BENAR BENAR TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN 380 JUTA ALHAMDULILLAH, SAYA BISA MEMBELI RUMAH DAN MOBIL WALAUPUN SAYA CUMA PNS GOLONGAN 1B.INI ADALAH KISAH NYATA DARI SAYA.JIKA ANDA PENUH KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN SILAHKAN ANDA HUBUNGI LANGSUNG AKI, JATI LUHUR KARENA APAPUN KEADAAN ANDA JANGAN PERNAH BERPUTUS ASAH KALAU SUDAH WAKTUNYA TUHAN PASTI KASIH JALAN AMIN.

JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL ATAU PUNYA MUSTIKA GHAIB INGIN DIPAKAI MENARIK UANG BILAH BERMINAT HUB KI JATI LUHUR DI NMR (_+_6_2_8_5_2_2_9_4_8_7_8_5_5_) ATAU KUNJUNGI WEPSITE (KLIK) www.uangghaib.webs.com SAYA SUDAH
BUKTIKAN 3X THNKS ROOMX SOBAT
★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★
╔══╗═════╔╗═════
╚╗╔╬═╦═╦═╣╠╦╦╦╦╗
═║║║╩╣║║╬║═╣║║║║
═╚╝╚═╩╩╬╗╠╩╬╗╠═╝
═══════╚═╝═╚═╝══
★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★

FahrulRj mengatakan...

sngat lengkap & mudah di mengerti

Anonim mengatakan...

mkasi bermaaf banget :)

Kisah Nabi mengatakan...

Informasi mengenai nabi adam disini sangat lengkap, bisa dijadikan referensi.

Maycel mengatakan...

Kalau anda mempelajari suatu agama (islam), jgn stengah2 bro, islam adalah agama yg sempurna, sehingga bisa menceritakan yg dulu bgtu lengkap dan logis jg dpt dibuktikan secara teori, knp islam demikin??, itulah tugas anda yg mempelajarinya..

Maycel mengatakan...

ILMU membuat hidup seseorang jd MUDAH,
SENI membuat hidup seseorang jd indah,
AGAMA (imam) membuat seseorang jd TERARAH..

Maycel mengatakan...

ILMU tanpa AGAMA akan menjadi NGAWUR, manusia sering lupa diri bahwa otak dan kemampuanya terbatas dibanding Tuhan..Alhamdulillah blog anda bermanfaat

Maycel mengatakan...

Maaf Bro blog ini bukan tempatnya orang ATEIS (tidak bertuhan), jd anda jgn bicara tanpa berpikir. Hanya org yg tak beragama yg memiliki ilmu ngawur, manusia lupa akn kterbatasanya jk dibanding Tuhan. Beragama, dan dicocokan dg ilmiah, shg ktemu akn kbenaranya, inilah manusia yg cerdas, bkn hanya bicara tnpa isi

Unknown mengatakan...

Izin copas ya,buat mengisi blog baru Ane Syukron!

Unknown mengatakan...

Penambah wawasan yg keren bro !!! Coba di lengkapi lagi sejarah asal usul nabi adam scara terperinci biar jelas dan terang menderang info keilmiahannya... ( Alloh mengetahui apa yg tidak di ketahui oleh mahluk ciftaannya ) sukses sellau bro..

Anonim mengatakan...

aku tdk yakin klau aku keturunan nabi adam, jika diambil thn paling besar tiap nabi 1000th maka jika ada 25 nabi/rosul maka ada 25rb thn. ini sudah saya beri toleransi thn yng sgt besar. Nah skrng coba kita lihat museum yg di Sangiran tmpat manusia yg lbih tua ditemukan dari Wajakensis,Mojokertensis,Solokensis yg rata2 berusia 1-2 jt thn silam. Mereka yg jauh lbih dulu berada ditanah Jawa.

Unknown mengatakan...

Thanks ya gan blog ini membantu saya sekali .................



bisnistiket.co.id

Unknown mengatakan...

cerita tentang Islam terlalu mengada ngada, seperti halnya cerita anak SD, aneh. tidak bisa di ferifikasi

Anonim mengatakan...

Trims Gan infonya, izin save ni artikelnya gan.

ASY-SYAHADAH mengatakan...

Wallohu A'lam bisshowab, Allah telah berfirman andaikata Pohon-pohon dimuka bumi dijadikan pena dan air laut diseantero permukaan bumi habis dijadikan tintanya maka ilmunya Alloh tidak akan selesai ditulis, Subhanalloh...Maha Suci Engkau Ya Alloh

Herry mengatakan...

Assalamuallaikum ..Buat para komentar janganlah saling menyalahkan .. Kita sikapi saja menurut keyakinan (agama) kita masing2 .. kalo anda merasa lebih tau dari penulis .. Bikin lah artikel Jangan cuma ngritik yg pedes2 .. Salam sejahtera .. Walaikumsallam

Cekkar Net mengatakan...

Subhanallah....Allah lh yg Maha Mengetahui

berita mengatakan...

marilah tingkatkn iman islam tuk mncarri bekal aqirat insyaallh semuanya akn trjwb yg sbnrya

Unknown mengatakan...

Itu hanya pemahaman anda tentang tiga manusia pertama. Ketika dunia ini di datangi air bah, pada masa nabih nuh itu kan suda tak ada lagi manusia yg tetsisa. Jadi jgn kita melihat lagi yg sebelumnya.

Anonim mengatakan...

hafidzh rachman
jgn ngehina agama islam lo harus menghargai sejarah agama lain jgn dihina

Anonim mengatakan...

Dari tulisan ttg Adam dlm blog ini, menimbulkan pertanyaan?, yaitu: (1). Terjadi kawin-mawin antar saudara kandung (incest), berarti kita diperbolehkan incest? (2). Adam dan Hawa dibuang ke bumi krn makan buah pengetahuan. Bukankah, lebih baik, manusia itu mengetahui ttg hal yg baik dan buruk? (3). Jika dilihat dari silsilah Nabi Adam sampai ke Nabi Isa. Apakah Adam sebetulnya adalah manusia pertama untuk orang Yahudi saja?

Anonim mengatakan...

kalau pada masa itu incest tidak diperbolehkan, bisa jadi kamu sekarang tidak akan pernah ada di dunia ini o'on!! memangnya kamu mau incest dengan siapa? ibu atau adik mu atau mungkin anak kandung mu? sekarang yang incest pun memang sudah banyak, dan bahkan nikah di gereja pula, jadi apa masalahnya dengan incest jika anda mau? berdosa atau tidak itu tergantung anda berlandaskan pada agama apa?

Anonim mengatakan...

Mungkin krn lo kturunan mokertensis kali..mknya g ngrti ttg turunan adam..

GALURAMANGLE mengatakan...

085314416400 setia sejarah

GALURAMANGLE mengatakan...

085315003690 santri sejarah

jokoswtmyblogger mengatakan...

Hanya allah yg maha tahu..krn blm ada bukti sejarah yg lengkap mengungkap bgm adam dan keturunannya berinteraksi di muka bumi ini...tulisan2 yg dimuat hanya meninjau dari aspek empiris dan filosofis si penulisnya. Kita yg hidup di jaman modern ini sebaiknya memikirkan asal usul nenek moyang kita dari semua aspek. Jika kita pernah melihat sungai kita harus mengerti mana hulunya, mana hilirnya dan mana mata airnya. T.ksh.

Power Bank Murah mengatakan...

subhanallah... sejarah nabi dan rasul bener bener bisa meningkatka keimanan seseorang

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah blok anda sangat bermanfaat bagi pengetahuan saya

Unknown mengatakan...

Wouwloh hu alam
.sesungguh nya hanya allah yang maha tau dan mengetahui dari ap yg kita ketahui

Unknown mengatakan...

sangat bermanfaat.. terimakasih sudah share ini, dari segi ilmu dan agama.. jangan menggunakan ilmu untuk memperdebatkan agama, gunakan ilmu untuk memperdalam agama. org yang pintar pasti tahu cara menggunakan ilmu nya dg baik :)

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb,
cerita mengenai penciptaan hawa dari tulang rusuk adam ini tidak berilmiah.
sebenarnya cerita yg tepat adalah begini.
saat adam tertidur,Allah telah memberikan adam mimpi mengenai calon isterinya hawa, sehingga terpancurlah air dari tulang sulbinya dan daripadanya Allah membentuk isterinya.
alquran adalah kitab yg penuh dengan hikmah, kitab yg sangat tinggi kedudukannya disisi Allah,jadi bacalah dengan tartil agar mengerti firman Allah.

seperti firmanNYA pada surat al Ghafir ayat 67 yg berbunyi:“Dialah yang menciptakan kamu dari tanah kemudian dari setetes mani, sesudah itu dari segumpal darah, kemudian dilahirkannya kamu sebagai seorang anak, kemudian (kamu dibiarkan hidup) supaya kamu sampai kepada masa (dewasa), kemudian (dibiarkan kamu hidup lagi) sampai tua, di antara kamu ada yang diwafatkan sebelum itu. (kami perbuat demikian) supaya kamu sampai kepada ajal yang ditentukan dan supaya kamu memahami(nya).”

Dengan ayat ini jelaslah bahwa asal kejadian adam pertama dari tanah dan kemudian dari mani adam untuk menjadikan isterinya dan seterus keturunannya.

wassalamualaikum wr.wb,

sayyid

Anonim mengatakan...

mungkin sedikit dari saya, apresiasi yang luar biasa kepada penulis, bagi pembaca termasuk saya, ini adalah pengetahuan ataupun cerita dari berabgai macam versi, ya gak usah diyaqini, hanya sebagai bahan infromasi saja, yang wajib diyaqini adalah ajaran sesuai keyaqinan masing-2 orang, kenapa jadi pada ngomongin sumber dan nyalahin penulis,,,,,,

Unknown mengatakan...

siip, ....... ......

Dimas mengatakan...

Hrsnya kita mengapresiasi apa yg sdh penulis tuliskan,ini koq mlh dihina,blm tentu anda2 sekalian yg menghina bisa menulis seperti ini...ini koq mlh dikomentari yg ndak ndak..

Dimas mengatakan...

Hrsnya kita mengapresiasi apa yg sdh penulis tuliskan,ini koq mlh dihina,blm tentu anda2 sekalian yg menghina bisa menulis seperti ini...ini koq mlh dikomentari yg ndak ndak..

Anonim mengatakan...

Kalo manusia pertama menurut Indonesia Gareng kawan ama bagong dwuh.

Anonim mengatakan...

Kalo Adam Hawa Kristen dan Islam ceritanya beda2 dikit tapi kalo Cerita dari Bangsa2 lain tak tahulah. Tapi kita ambil jaman India aja, di perkirakan Siwa Rama dan Jaman Mahabharata ada pd 5000 sebelum Masehi sebelum Nabi Adam lalu kiamat musnahlah Jaman Siwa Rama dan Krishna setelah kiamat Adam Hawa muncul tapi kisah Kitab Mahabharata nggak musnah karena kiamat trsbt. Atau bila Jaman Siwa Rama Krishna Mahabharata jarak Mhbrt ke Rmyn 100th brarti Sakuntalabada di Jaman Rmyn dan Siwa. Kalo Siwa Parwati manusia pertama lah si Dewi Sati udah ada and ko'it tapi manusia sdh ramai dgn Raja2 Para Resi Tukang Sihir dan Manusia biasa dan
juga berbarengan dgn Para Dewa dan Iblis komplik debat ribut dan bnyk masalah terkadang sandiwara damai dan aneh2.lalu kalo Siwa sesudah Adam jaman itu berbarengan dgn Nabi siapa ? Aduuuh biiyuuùung.......

Anonim mengatakan...

Saya tidak tertarik dgn cerita manusia pertama versi diluar AlQur'an.
Saya berkeyakinan bahwa Adam bukan manusia (mahluk berwujud manusia) pertama yg hadir di bumi ini. Hal ini sesuai dengan ayat-ayat Qur'an yg berkaitan dengan diciptakan Adam yg tujuan penciptaannya adalah untuk menjadi khalifah di muka bumi. Jd sblm Adam, memang sdh ada mahluk manusia yg mungkin saja merupakan nenek moyang kita juga.
AlQur'an memang tidak menjelaskan ttg manusia sebelum Adam, krn manusia Adam adalah manusia Ilahiah pertama yg diciptakan untuk tujuan diatas. Sedang manusia sebelum Adam, tidak punya kemampuan seperti Adam.
Ketika Adam diciptakan, dijelaskan bahwa mahluk lain mempertanyakan mengapa harus ada Adam?
Bagi Iblis/Jin, mereka mempertanyakan hal tsb karena iri (akal dinamis) sedang bagi Malaikat, mereka mempertanyakan karena melihat contoh yg sdh ada (akal statis) di bumi dimana manusia2 pra Adam hanya saling membunuh dan merusak.
Kehadiran Adam tentu saja sdh diberikan software yg jauh lebih mampu dari manusia pra Adam (manusia purba atau manusia pra sejarah).
Allah SWT mencipta Adam krn hendk mempersiapkan Manusia Ilahiah yg akan siap menerima Wahyu Ilahi. Manusia pra Adam jelas tidak mungkin menerima tugas mulia tsb.
Selanjutnya...., mari menerima ajaran Agama dengan membedakan Wahyu Allah dgn dongeng manusia. Begitu juga mari menerima Ilmu Pengetahuan yang tidak lari dari Agama. AlQur'an adalah Perkataan (Wahyu) Allah yg pasti bisa dinalar oleh Pengetahuan, karena AlQur'an adalah sumber Ilmu.
Ilmu Pengetahuan membuktikan penemuan-penemuan teori dan fakta yang tidak mungkin meleset atau berbenturan dengan Wahyu Allah.
Kita percaya bahwa kita adalah Bani (keturunan) Adam. Begitu pula saudara-saudara kita di Arab, Amerika, Eropa, China dll. Semua mengaku Bani Adam. Tapi faktanya kita semua terdiri dari berbagai ras dengan warna kulit, warna rambut, warna bola mata, bentuk hidung/mata, struktur tulang dll yang berkelompok sesuai rasnya. Kmd muncul pertanyaan.... Bagaimana bisa ada berbagai ras dgn segala perbedaan tsb kalau Nenek Moyang kita berasal dari satu Ras saja (Adam dan Hawa tentunya satu ras).
Tanpa Ilmu Pengetahuan, kita bisa saja menjawab bahwa bahwa itu semua terjadi katena faktor waktu yg sekian lamanya dan dipengaruhi faktor alam spt cuaca/iklim dll. Belakangan Ilmu Pengetahuan menolak itu semua. Tidak mungkin ada satu RAS baru tanpa ada percampuran antara dua RAS yang berlainan.
Klw Adam dan Hawa berasal dari satu Ras, tidak mungkin ada fakta bgt banyak ras di muka bumi ini. Dan kalau kita hanya berasal dari percampuran sedarah (inses), maka bisa dipastikan kita ini produk gagal/cacat dsb.
Dari uraian diatas..., bisa dipastikan bahwa anak-anak Adam dan Hawa sbg Manusia Ilahiah calon penerima Wahyu Allah yang secara kemampuan lebih unggul dari manusia pra Adam, hijrah/berpencar ke seluruh penjuru dunia, bertemu dan bercampur dimasa-masa akhir masa manusia purba (pra Adam) dan berketurunan yang menghasilkan manusia Bani Adam berbagai ras dengan perbaikan kualitas.

Wallahualam bishawab.......

artikelnya bermanfaat dan bermutu neh.. yang butuh obat herbal benjolan sini merapat di
obat herbal benjolan di leher tanpa operasi

buat yang punya keluhan stroke yuu coba deh di ikhtiarin sama konsumsi
obat herbal stroke

buat pria ataupun wanita yang sedang tertimpa penyakit kencing darah yuu coba di ikhtiarin dgn konsumsi
obat herbal kencing darah

siang semua smga hari selasanya di berkahi amin
obat herbal hepatitis b ampuh

Agam fauzi BintangFrv mengatakan...

sederhana aj, manusia sebelum adam tentu sudah ada, mereka punya daging & darah akan tetapi mereka kurang cerdas termasuk melakukan kerusakan dan pembunuhan.... mereka ialah "BINATANG" dan mereka tak bisa jadi khalifah. itulah adam diturunkan dengan sosok yang dikagumi malaikat, jin artinya tak pernah belum pernah mereka ketemui sebelumnya.

Mitra303 mengatakan...

Agen Judi Online
Agen Judi
Agen Judi Terpercaya
Bandar Judi
Bola Online
Bandar Bola
Agen SBOBET
Agen Casino
Agen Poker
Agen IBCBET
Agen Asia77
Agen Bola Tangkas
Prediksi Skor

Prediksi Skor PANATHINAIKOS VS QABALA 28 Agustus 2015
Prediksi Skor SAINT ETIENNE VS MILSAMI 28 Agustus 2015
Prediksi Skor CHELSEA VS CRYSTAL PALACE FC 29 Agustus 2015
PREDIKSI STOKE CITY VS WEST BROM 29 AGUSTUS 2015
Prediksi Skor GENOA VS HELLAS VERONA 31 Agustus 2015

Unknown mengatakan...

Sy lebih meyakini bahwa kejadian diciptakannya Adam terjadi di daerah tanah subur banyak bahan orgnik sebagai sumber kehidupan dan letaknya di bumi yg kita pijak ini. Tanah subur banyak pepohonan dan buah-buahan apabila tertata rapih maka layak disebut sorga apakah itu namanya Eden, Firdaus, atau Adnin tidak masalah. Terciptanya Adam hemat pemikiran sy, bukan melalui proses kloning seperti kloning domba melainkan dimulai dari proses mutasi genetik.
Dalam QS. Al-Hijr [15]: 28-29. Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, “Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Maka, apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniupkan ke dalamnya ruh (ciptaan)-Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud”; dan dalam QS.Arrahman 55:14. Dia menciptakan manusia dari tanah kering seperti tembikar. Dari kedua ayat ini seakan menegaskan bahwa manusia itu dibuat dari tanah liat kering seperti tembikar yang berasal dari lumpur; dan tanah liat kering inilah yang menjadi faktor terjadinya manusia. Kedua ayat ini bisa ditafsirkan lebih dalam lagi bahwa tanah liat kering seperti tembikar yang berasal dari lumpur hitam itu kaya akan bahan organik terdapat mikroorganisme yg karena sesuatu hal oleh penyebab keringnya lumpur itu menjadikan mikroorganisme mengalami mutasi genetik. Kalimat “lumpur hitam yang diberi bentuk” [dalam QS.Al-Hijr] ini, sy lebih memaknai ke arah suatu kejadian yang menimbulkan mutasi genetik bukan memiliki arti dibentuk seperti patung manusia. Mikroorganisme yang mengalami mutasi genetik itu yg berada pada tanah kering itu berada ditengah lumpur hitam yang memungkinkan mereka terus hidup berkembang biak membentuk koloni seperti organ tubuh manusia (terjadi proses); inilah yang dimaksudkan dengan kalimat “menyempurnakan kejadiannya” adalah proses tumbuh-kembangnya mikroorganisme membentuk organ-organ tubuh manusia hingga lengkap sempurna ditutup oleh daging dan kulit. Setelah terbentuk tubuh manusia sempurna maka Alloh SWT kemudian meniupkan Ruh kepadanya.
QS.Ali Imran 3:59. Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi AllAh, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: "Jadilah" (seorang manusia), maka jadilah dia. Ayat ini dapat dijadikan penegasan bahwa diciptakannya Adam dari tanah mirip dengan proses terciptanya Isa di dalam rahim Maryam; yang artinya terdapat proses kejadian yaitu dari tidak ada kemudian muncul sel yang amat sangat kecil kemudian memperbanyak diri (mitosis) berkembang membesar membentuk cikal bakal organ secara lengkap termasuk system syarapnya maka ditiupkanlah ruhnya. Jadi dari Ayat ini secara tegas bahwa penciptaan Adam bukanlah suatu kejadian sim-salabim-aba-kadabra tiba-tiba dari patung tanah jadi adam hidup; bukan demikian adanya. Seperti juga penciptaan jagat-raya ini bukan terjadi sim-salabim-aba-kadabra melainkan suatu proses yang panjang memakan waktu enam masa.
Teori terciptanya Adam yg saya uraikan itu akan menjadi tidak relepan kalau dalam keterangan Al-Qur’an bahwa Adam diciptakan dari batu ditempat bebatuan kering. Karena dibebatuan amat sangat miskin senyawa-senyawa organic seperti asam amino yang amat dibutuhkan oleh mahluk hidup. Untuk membuktikan teori ini dapat diteliti hipotesisnya adalah ada kemungkinan besar bahwa famili mikroorganisme yang tidak mengalami mutasi terus berkembang biak dan ada ditubuh manusia didaerah serupa dengan habitat asalnya yaitu boleh jadi terdapat pada usus besar manusia. Untuk itu perlu diteliti dan dibandingkan struktur DNA manusia dengan struktur DNA mikroorganisme usus untuk mengetahui adakah kemiripan yg signifikan satu samalainya. Kalo memang ternyata hipotesis ini terbukti maka teori diatas mendekati kebenaran.

Unknown mengatakan...

good blog bro....solid y

Mahira sadimin mengatakan...

Iji paste sobat

Syamsul Rijal mengatakan...

kesimpulannya apa?

Anonim mengatakan...

ha ha ha..., cuma begitu ya, knp gk ciptain manusia yg patuh semau dia aja ya, kan beres urusan, pake sagala aturan yang ujungnya imbalan, males gue diciptain.

Unknown mengatakan...

Terima kasih

Unknown mengatakan...

Promosi ni yeh..

Unknown mengatakan...

Promosi ni yeh..

Unknown mengatakan...

Up 2 u..

bori mengatakan...

manusia mempunyai akal pikiran lebih dari makhluk lain yang tlah diciptakan oleh Allah Swt. disamping itu manusia juga mempunyai keterbatasan pikiran yang mana telah dibatasi oleh sang pencipta . jadi intinya manusia dapat berfikir semata mata hanya untuk beribadah kepada allah Swt. dan akal pikiran dibatasi agar manusia tidak melenceng dari apa yang diajarkan oleh Allah Swt.
terima kasih untuk admin , tulisan ini bisa menjadi pertimbangan .

Anonim mengatakan...

Yang penting kerjakan perintahNYA dan jauhi laranganNYA. Mudah2an loe masuk sorga, dan disurga loe tanya sama ALLAH info lengkapnya tentang ni topik, pasti dijawab!
gampang toh....

Anonim mengatakan...

Bosen denger asal usul mahluk bumi, riset mahluk pertama planet mars dong.

Unknown mengatakan...

Sip. G w suka

Anonim mengatakan...

Jika kita mau menilik sejarah, sebelum Imam Al-Ghazalie, banyak pemikir-pemikir Islam yang sudah mengkaji ke arah sana. Jadi tidak bisa dibilang hanya bisa menerka, tapi dikaji sampai dalam. Sekarang saja kita terlalu malas, ketika ada pemikiran seperti artikel diatas, buru-buru kita cap sebagai bentuk menentang Allah.

Anonim mengatakan...

Kenapa harus lucu melihat Jepang? Sebelum Islam masuk ke nusantara, raja-raja dianggap titisan dewa. Sama halnya seperti orang Jepang. :)

Anonim mengatakan...

Alquran mu hanya untukmu bukan untuk ku
Macam betul aj loe pada semua
Agama mu agamaku camkan tuh

Insan Berakar mengatakan...

Nama saya Indra Aditya Arsyad. Dan saya alhamdulillah islam. Maaf bila saya berkomentar yg tidak dimengerti oleh para komentator blog ini.

Kalian semua bisa melihat keanehan dari cerita Nabi Adam As dan Siti Hawa ini ga ?

Bagaimana Adam As dan Siti Hawa bisa terhasut oleh iblis di surga ? Sedangkan iblis sudah terusir dari surga sebelum Nabi Adam As dan Siti Hawa diturunkan kebumi. Bila ALLAH SWT Maha Segala-Nya, mungkin iblis tidak bisa menyamar atau segala upayanya untuk memghasut Adam As dan Siti Hawa disurga.

Mohon penjelasan tentang pertanyaan saya..

Insan Berakar mengatakan...

Nama saya Indra Aditya Arsyad. Dan saya alhamdulillah islam. Maaf bila saya berkomentar yg tidak dimengerti oleh para komentator blog ini.

Kalian semua bisa melihat keanehan dari cerita Nabi Adam As dan Siti Hawa ini ga ?

Bagaimana Adam As dan Siti Hawa bisa terhasut oleh iblis di surga ? Sedangkan iblis sudah terusir dari surga sebelum Nabi Adam As dan Siti Hawa diturunkan kebumi. Bila ALLAH SWT Maha Segala-Nya, mungkin iblis tidak bisa menyamar atau segala upayanya untuk memghasut Adam As dan Siti Hawa disurga.

Mohon penjelasan tentang pertanyaan saya..

Primer mengatakan...

Ikut nimbrung semua komentar adalah hasil pemikiran masing2 termasuk saya karena bisa berpikir tetapi sesuai penyataan ALLAH tidak terpikirkan jadi penciptaan alam semesta dan isinya mahluk manusia tidak mungkin terpikirkan bagaimana ALLAH menciptaken manusia, seperti pernyataan Aditya bagaimana Iblis bisa masuk surga menggoda Adam dan Hawa bersetubuh juga pemikiran ada manusia pra Adam dan ada manusia pasca Adam jadi bukan manusia pertama termasuk ada keturunan manusia praAdan dan pasca Adam juga pemikiran terjadi INCEST bapak kawin sama anak anak kawin sama ibu kakek sama cucu cucu sama nenek kembali Tidak terpikirkan

Kisah Nabi Adam mengatakan...

Wah. keren nih artikele. lengkap lagi. ijin copas bbuat tugas min

Unknown mengatakan...

Setuju

LUKMAN HAMZAH mengatakan...

Ribet aja sih.....!!!!!!! Nggak seru dong!!!!!

Unknown mengatakan...

dari dulu sy sering timbul pertnyyaan tentang nabi adam dan manusia purba, skrg jadi jelas setelah bc blog ini,klo mansia purba sebenarnya bukan manusia tapi makhluk yang fisiknya menyerupai manusia namun tidak di beri akal fikiran hingga mereka suka berbuat kerusakan dan saling membunuh layaknya binatang buas, kemudian Allah menciptakan Nabi Adam AS sebagai khalifahh di muka bumi ini karena Adam dicptakan dengan bentuk yang sempurna dan ddiberi akal fikiran hingga ia tidak sama dengan makhluk sebelumnya mungkin makhluk inilah yang dinamakan manusia purba, dan sy yakin klo nenek moyang manusia adalah nabi adam, klo ddkatakan kera adalah nenek moyang manusia pastinya gk ada lg kera ddizaman ini, dan sy gk prnh dgr klo ada kera yng lahirin bay manusia, buat yg percaya dengan teori evolusi darwin ape pernah juga lo dgr kabar ada kera atu monyet yg lairin bayi manusia????

Unknown mengatakan...

Akhirnya dapat juga saya jumpa blog seperti ini. Syabas atas pengetahuan saudara blogger. Walaupun ringkas tetapi memcukupi bagi saya.

Unknown mengatakan...

Saya juga seperti anda. Saya mempertikaikam kisah adam dan hawa sebelum dihantar kedunia dan dihentam teruk sm teman2 kerana mempersoalkannya. Kisah mereka seperti tidak masuk akal. Masa iblis yg sudah dilaknati Allah bisa menyelinap masuk ke syurga menyerupai ular ngak bisa di tangkap oleh malaikat penjaga syurga. Juga masa Allah tidak tahu rencana jahat iblis ini hingga Allah murka kepada Adam. Adam dicipta untuk dijadikan khalifah dimuka bumi ini..tapi kenapa masih dihantar ke dunia ini..kenapa tidak ketempat lain..bukankah Allah sudah murka sm Adam? Ini bagi saya seperti penghantaran lebih awal..bukan seperti Allah murka. Juga terlintas mengapa Allah mahu menguji Adam dgn melarangnya memakan buah larangan itu..adakah Allah tidak tahu samada Adam akan memakannya atau tidak? Bagaimana jika.Adam tidak memakan buah tersebut..adakah kita seperti sekarang? Mohon penjelasan juga sebagaimana saudara.

Anonim mengatakan...

Ah kalian orang biasa pada goblok semua, hanya orang" kejawen, kebatinan , dan orang indigo dari tanah jawa yg bisa mengerti isi luar dan dalam dunia ini, carilah guru sejati yg bisa membimbing ke surga yg nyata, kenapa saya bilang begini, karena saya bisa melihat apa yg orang biasa tidak bisa lihat, ahahaha wkwkwkwk melihat kalian berantem karna berbeda pendapat saya jadi ngakak.....

Aan Jamhari mengatakan...

Pada postingan berikutnya saya berharap isinya akan lebih bagus, supaya tidak mengecewakan pembaca. Namun, postingan ini sangat menginspirasi sekali bagi saya. terima kasih.
cara mengobati infeksi kulit

allen mengatakan...

cuma Allah SWT yg tau.. tugas kalian cuma buat beribadah dan menjaga bumi (kelangsungan makhluk hidup) sampe tiba waktu yg telah ditetapkan nanti. wallahualam

Infocell online mengatakan...

trima ksih

Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda. jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat Di website/internet ««KLIK DISINI»» saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.


PESUGIHAN MENGUNAKAN MINYAK GHAIB

PENARIKAN UANG MENGGUNAKAN MUSTIKA

BUAYER ANTIQUE/MUSTIKA

RITUAL TOGEL/LOTREY

chajatullah romas mengatakan...

YANG DISEBUT BANUL-JAN ITULAH ORANG-2 AFRIKA EROPA ASIA AUSTRALIA YANG ASLI .ITULAH MAKHLUK YANG BASYARNYA SERUPA ADAM YANG DICIPTAKAN DULUAN DARI ADAM .JIN IBLIS DAN SETAN BUKAN MAKHLUKHALUS TETAPI SEPERTI KITA-2 INI. BACA BLOG SAYA DR ROMAS IDEA DG DALIL-2 AQLI DAN NAQLI

sex toy pria mengatakan...

terima kasih bos infonya, artikel yang menarik.

alat bantu sex mengatakan...

informasi yang sangat menarik, terima kasih bos

Unknown mengatakan...

http://www.mataduniakami.id/2016/12/kisah-kehiidup-nabi-adam-as.html

Unknown mengatakan...

Mantap Sangat Bermanfaat.
Tambahan Referensi
Sejarah Kisah nabi Adam A.s

pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


Unknown mengatakan...

Agama anda apa? Kalau kristen, di situ juga ada sejarah penciptaan adam menurut kristen dan agama2 lain. Kalau memang anda sudah tau agamamu agamaku kenapa masih mempersoalkan al-qur'an?? Jika ingin tau pelajari jika tidak mau mempelajari cukup dihormati, dan jika tidak suka artikel ini, ya jangan komentar, camkan tuh.

Unknown mengatakan...

Yaa elah mabok kayaknya ni orang...hahaha belum sadar udah langsung internetan aja, komentar ngelantur jemana mana..😅😅😅

Unknown mengatakan...

Nah inilah contoh manusia purba yg gagal berevolusi...wkwkwkwkwk.

Unknown mengatakan...

Jadi yg bener sekarang ibu ada dimana, masih di malaysia apa sudah buka usaha di indonesia?? Trus kalo boleh tau ibu kok keren amat punya situs segala?? Kalo nyepam yg pinter dikit napa bu...bikin iklan tu yg meyakinkan gitu loh..wkwkwkwk...

Unknown mengatakan...

Udah kaya dari pesugihan, masih berani aja bilang alhamdulillah... Dasar iklan blog gak mutu...wkwkwkwkwk.. Mending jualan obat pembesar penis aja, masih keliatan sedikit masuk akal...hahahaha

Unknown mengatakan...

Iki tambah nemen goblok'e...😂😂😂😂😂

IBU TUTI TKI SINGAPUR mengatakan...

SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

vimax mengatakan...

terima kasih infonya

alat bantu sex mengatakan...

mantap

mf.munar mengatakan...

subhanallah...

Unknown mengatakan...

Sekian lama saya bermain togel baru kali ini saya
benar-benar merasakan yang namanya kemenangan 4D
dan alhamdulillah saya dapat Rp.330 juta dan semua ini
berkat bantuan angka dari MBAH SANGKIL
karena cuma beliaulah yang memberikan angka
ghoibnya yang di jamin 100% tembus awal saya
bergabung hanya memasang 70 ribu karna
saya gak terlalu percaya ternyatah benar-benar
tembus dan kini saya gak ragu-ragu lagi untuk memasang
angkanya karna 4X berturut-turut saya menang
buat anda yang butuh angka 2d 3d 4d dijamin tembus
hubungi di nomor hp: (~0852~1049~3757~) MBAH SANGKIL
saya jamin beliau akan membantu kesusahan
anda apalagi kalau anda terlilit hutang trima kasih..

Ulil mengatakan...

Subhanallah....

Streaming Film mengatakan...

Hammer Of Thor
Thor Hammer
Streaming Video
Memek

Hammer Of Thor mengatakan...

ok.tks

vimax asli mengatakan...

Vimax

Vimax Jogja

Agen Vimax

Jual Vimax

Jual Obat Vimax

Jual Obat Pembesar Penis Vimax

Obat Vimax

Gambar Vimax Asli Canada Di Jogja

Gambar Obat Vimax Asli

Vimax Asli Di Jogja

Obat Pembesar Vimax Asli Di Jogja

Agen Vimax Asli Canada Di Jogja

Obat Pembesar Penis Vimax Asli Canada Di Yogyakarta

Vimax Izon 3d Asli Canada Di Jogja

Jual Vimax Asli Izon 3d Di Jogja

Pembesar Penis Vimax Asli Canada Di Jogja

Obat Pembesar Alat Vital Pria Di Jogja

Obat Kuat Di Jogja

Vimax Asli Canada Di Sleman

Vimax Original Di Jogja

Vimax Kapsul Asli Canada Di Jogja

Vimax Pil Asli Di Jogja

Agen Vimax Asli Di Jogja

Grosir Vimax Asli Di Jogja

Obat Kuat Sex Vimax Asli Di Jogja

Obat Sex Vimax Di Jogja

Obat Penis Di Jogja

Jamu Kuat Di Jogja

Obat Perkasa Di Jogja

kamal mengatakan...

trimakasih ilmunya sngat bermanfaat sekali☺

Unknown mengatakan...

Assalamu alaikum wr wb...saya agustina member MBAH SANGKIL yang berhasil,angka yang di berikan MBAH SANGKIL kemarin 4d SGP tembus 100%,syukur alhamdulillah dapat kemenangan (400.juta) terima kasih banyak MBAH SANGKIL,berkat bantuanny saya sudah bisa melunasi hutang bapak saya sama rentenir,dan bukan hanya itu MBAH saya juga sudah bangunkan rumah untuk kedua orang tua,bagi teman-teman pecinta nomor togel kalau mau menang seperti saya lansung hubungi MBAH SANGKIL di nomor hp: 0852-1049-3757 tidak usah di ragukan lagi karna saya sudah membuktikannya adapun bantuan lainnya selain pesugihan nomor togel (1.) Pesugihan Uang Ghaib (2) Pesugihan Minyak Penarik Uang (3) Pesugihan Uang Balik (4) Pesugihan Bank Ghaib (5) Pesugihan Tuyul (6) Pelet Ampuh (7) Transfer Janin

Unknown mengatakan...

Allah menakdirkan adam menjadi khalifah. Sementara adam tinggal di surga. Perkara makan buah khuldi, itu yg salah Adam. Turun ke bumi merupakan hukuman walaupun sudah ditakdirkan ke bumi. Dengan harapan anak turun adam kembali ke surga.anak turun iblis ke neraka karena sudah ditetapkan oleh-NYA.

Unknown mengatakan...

Setahu saya, nabi & rasul bukan hanya 25 orang. Tapi ada lebih dari itu, dan yang wajib diimani hanya 25 jumlahnya. nabi adam manusia pertama.pertanyaan simpel.. hanya ada 3 makhluk berakal. Manusia,jin,iblis.. anda termasuk yang mana? Perkara fosil itu benar fosilnya, mungkin ada yg keliru menamakannya. Ato memang disamarkan namanya.

Unknown mengatakan...

Terimakasih bila anda menyinggung tentang islam mengada2.. selamat berpikir sebelum habis usia.. 😂.

Unknown mengatakan...

Kalau tak ada lagi manusia tersisa.. terus kapal Nabi Nuh apa isinya? 😂

sex toys mengatakan...

terima kasih sudah berbagi, semoga bermanfaat

Unknown mengatakan...

http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/menyempatkan-diri-ke-motel-untuk.html
http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/maskapai-dengan-kabin-semewah-hotel.html
http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/restoran-tenggelam-suasana-yang-romantis.html

Tunggu Apa Lagi Guyss..
Let's Join With Us At Dominovip.com ^^
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
- BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
- Skype : Vip_Domino
- WHATSAPP : +62813-2938-6562
- LINE : DOMINO1945.COM
- No Hp : +855-8173-4523

SUWANDI ROBBY mengatakan...

BERITA BAIK BERITA BAIK

Halo semuanya, saya SUWANDI dari indonesia. Saya menyarankan Anda semua di sini untuk tidak mengajukan pinjaman di mana-mana untuk perusahaan atau pemberi pinjaman di halaman web ini, sebagian besar perusahaan di sini adalah tipuan, penipuan dan penipuan, dan juga beberapa testimonial di sini salah, mereka adalah orang yang sama. Karena itu, tolong berhati-hatilah untuk tidak menjadi persekutuan mangsa Indonesia. Saya ditipu empat kali kira-kira Rp 200.000.000 untuk biaya registrasi, biaya transfer, bea cukai dan biaya asuransi, setelah pembayaran ini saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar berkali-kali. Ini akan menarik minat Anda untuk mengetahui ada undang-undang tentang pembiayaan undang-undang atau peraturan dewan ini untuk mendapatkan pinjaman dari undang-undang pemberi pinjaman atau perusahaan mana pun. Saya bersyukur bahwa saya menerima pinjaman cepat sebanyak $ 250.000 dari perusahaan yang diperkenalkan teman saya Achmad Halima. Perusahaan pinjaman yang dapat dipercaya dan dapat dipercaya (ALEXANDER ROBERT). Mereka sekarang menjadi perusahaan terbesar di AS, Eropa dan seluruh Asia. Misi dan komitmen Anda kepada Alexander's Loan Company didedikasikan untuk meringankan impian Anda dan membantu kita semua yang telah ditipu dan ditipu dalam proses mendapatkan pinjaman segera, memberi Anda keramahan kelas dunia. Perusahaan Pinjaman Alexander atau pemberi pinjaman pinjaman tahu apa yang seharusnya ada di sepatu Anda dan mereka berusaha keras untuk tidak melupakan perasaan itu. Mereka akan mendapatkan kepercayaan Anda dengan mengkomunikasikan kepada Anda informasi yang perlu Anda ketahui, jika Anda perlu mengetahui dan hak untuk menawarkan pinjaman (pedagang pribadi atau pinjaman) dan layanan keuangan.

Saya sangat mengabdikan diri untuk membantu negara saya mendapatkan pinjaman dari penipuan dan segera, e-mail saya (suwandirobby01@gmail.com) atau (achmadhalima@gmail.com)

Hubungi saya atau (alexanderrobertloan@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut, saya bersedia membantu. Tuhan memberkati kalian semua.

SUWANDI ROBBY mengatakan...

BERITA BAIK BERITA BAIK

Halo semuanya, saya SUWANDI dari indonesia. Saya menyarankan Anda semua di sini untuk tidak mengajukan pinjaman di mana-mana untuk perusahaan atau pemberi pinjaman di halaman web ini, sebagian besar perusahaan di sini adalah tipuan, penipuan dan penipuan, dan juga beberapa testimonial di sini salah, mereka adalah orang yang sama. Karena itu, tolong berhati-hatilah untuk tidak menjadi persekutuan mangsa Indonesia. Saya ditipu empat kali kira-kira Rp 200.000.000 untuk biaya registrasi, biaya transfer, bea cukai dan biaya asuransi, setelah pembayaran ini saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar berkali-kali. Ini akan menarik minat Anda untuk mengetahui ada undang-undang tentang pembiayaan undang-undang atau peraturan dewan ini untuk mendapatkan pinjaman dari undang-undang pemberi pinjaman atau perusahaan mana pun. Saya bersyukur bahwa saya menerima pinjaman cepat sebanyak $ 250.000 dari perusahaan yang diperkenalkan teman saya Achmad Halima. Perusahaan pinjaman yang dapat dipercaya dan dapat dipercaya (ALEXANDER ROBERT). Mereka sekarang menjadi perusahaan terbesar di AS, Eropa dan seluruh Asia. Misi dan komitmen Anda kepada Alexander's Loan Company didedikasikan untuk meringankan impian Anda dan membantu kita semua yang telah ditipu dan ditipu dalam proses mendapatkan pinjaman segera, memberi Anda keramahan kelas dunia. Perusahaan Pinjaman Alexander atau pemberi pinjaman pinjaman tahu apa yang seharusnya ada di sepatu Anda dan mereka berusaha keras untuk tidak melupakan perasaan itu. Mereka akan mendapatkan kepercayaan Anda dengan mengkomunikasikan kepada Anda informasi yang perlu Anda ketahui, jika Anda perlu mengetahui dan hak untuk menawarkan pinjaman (pedagang pribadi atau pinjaman) dan layanan keuangan.

Saya sangat mengabdikan diri untuk membantu negara saya mendapatkan pinjaman dari penipuan dan segera, e-mail saya (suwandirobby01@gmail.com) atau (achmadhalima@gmail.com)

Hubungi saya atau (alexanderrobertloan@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut, saya bersedia membantu. Tuhan memberkati kalian semua.

SUWANDI ROBBY mengatakan...

BERITA BAIK BERITA BAIK

Halo semuanya, saya SUWANDI dari indonesia. Saya menyarankan Anda semua di sini untuk tidak mengajukan pinjaman di mana-mana untuk perusahaan atau pemberi pinjaman di halaman web ini, sebagian besar perusahaan di sini adalah tipuan, penipuan dan penipuan, dan juga beberapa testimonial di sini salah, mereka adalah orang yang sama. Karena itu, tolong berhati-hatilah untuk tidak menjadi persekutuan mangsa Indonesia. Saya ditipu empat kali kira-kira Rp 200.000.000 untuk biaya registrasi, biaya transfer, bea cukai dan biaya asuransi, setelah pembayaran ini saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar berkali-kali. Ini akan menarik minat Anda untuk mengetahui ada undang-undang tentang pembiayaan undang-undang atau peraturan dewan ini untuk mendapatkan pinjaman dari undang-undang pemberi pinjaman atau perusahaan mana pun. Saya bersyukur bahwa saya menerima pinjaman cepat sebanyak $ 250.000 dari perusahaan yang diperkenalkan teman saya Achmad Halima. Perusahaan pinjaman yang dapat dipercaya dan dapat dipercaya (ALEXANDER ROBERT). Mereka sekarang menjadi perusahaan terbesar di AS, Eropa dan seluruh Asia. Misi dan komitmen Anda kepada Alexander's Loan Company didedikasikan untuk meringankan impian Anda dan membantu kita semua yang telah ditipu dan ditipu dalam proses mendapatkan pinjaman segera, memberi Anda keramahan kelas dunia. Perusahaan Pinjaman Alexander atau pemberi pinjaman pinjaman tahu apa yang seharusnya ada di sepatu Anda dan mereka berusaha keras untuk tidak melupakan perasaan itu. Mereka akan mendapatkan kepercayaan Anda dengan mengkomunikasikan kepada Anda informasi yang perlu Anda ketahui, jika Anda perlu mengetahui dan hak untuk menawarkan pinjaman (pedagang pribadi atau pinjaman) dan layanan keuangan.

Saya sangat mengabdikan diri untuk membantu negara saya mendapatkan pinjaman dari penipuan dan segera, e-mail saya (suwandirobby01@gmail.com) atau (achmadhalima@gmail.com)

Hubungi saya atau (alexanderrobertloan@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut, saya bersedia membantu. Tuhan memberkati kalian semua.

Unknown mengatakan...

http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/erupsi-gunung-agung-batalkan-19.html
http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/susy-susanti-puji-kevin-sanjayamarcus.html
http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/teman-kuliah-yang-cantik-dan-jago.html

Tunggu Apa Lagi Guyss..
Let's Join With Us At Dominovip.com ^^
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
- BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
- WHATSAPP : +62813-2938-6562
- LINE : DOMINO1945.COM
- No Hp : +855-8173-4523

Namaku Nyonya Lianmey, warga negara Amerika Serikat. Saya telah scammed oleh 21 kreditor internet yang berbeda secara internasional, mereka semua berjanji untuk memberi saya pinjaman setelah membuat saya membayar sejumlah biaya yang tidak menghasilkan apa-apa dan sebesar tanpa hasil positif. Saya kehilangan uang hasil jerih payah saya. Suatu hari saat saya melihat-lihat melalui internet dengan air mata di mataku, saya menemukan sebuah kesaksian dari seorang wanita yang juga scammed dan akhirnya dikaitkan dengan perusahaan pinjaman legit bernama Christabel Missan LOAN yang dimiliki oleh (Christabelloancompany@gmail.com) di mana dia mengakhiri peminjamannya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi perusahaan pinjaman yang sama dan kemudian menceritakan kepada saya kisah saya tentang bagaimana saya telah dibuat-buat oleh 7 kreditor berbeda yang tidak melakukan apa-apa selain menyebabkan saya lebih menderita. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui surat dan semua yang mereka katakan kepada saya adalah menangis lagi karena saya akan mendapatkan pinjaman saya di perusahaan mereka dan juga saya telah membuat pilihan yang tepat untuk menghubungi mereka. saya mengisi formulir permohonan pinjaman dan melanjutkan semua permintaan dari saya dan saya diberi pinjaman sebesar $ 7000.000 ribu Dolar oleh Perusahaan Besar ini (Christabel Missan LOAN) yang dikelola oleh Christabel Missan dan di sini saya bahagia hari ini karena Christabel Missan LOAN Company telah memberi saya pinjaman jadi saya bersumpah pada diri sendiri bahwa saya masih akan bersaksi di Internet tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Apakah Anda mencari Pendanaan? Jika Anda tertarik untuk menerima pinjaman dengan bunga rendah sebesar 2% untuk bisnis komersial seperti Start-Ups, Expansion, Buy-Out, Real Estate, Energi Terbarukan, TI, Hiburan, Peralatan Umum Penerbangan, Peralatan Angkatan Darat & Senjata Pertahanan, Keuangan Bank, Sistem Manajemen Lalu Lintas dan Lalu Lintas, Sistem Limbah Air, Listrik, Energi Biomassa, Proyek Pertanian, Etanol, Pembangkit Listrik Tenaga dan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Konstruksi, dan lain-lain; Tolong, biarkan dia tahu proposal Anda melalui email; christabelloancompany@gmail.com

Gandhi daffa mengatakan...

nonton kajian oleh ustadz Dr. Safiq Reza Basalamah, M.A
https://youtu.be/lAYbJJP5Bgg

Jimmy shop mengatakan...

terima kasih infonya bagus..

Jual Vimax Asli Di Madiun

Jual Hammer Of Thor Di Madiun

Jual Titan Gel Di Madiun

Jual Viagra USA Di Madiun

Jual Klg Asli Di Madiun

Jual Vakum Pembesar Penis Di Madiun

Jual Obat Forex Asli Di Madiun

Syamitra mengatakan...

Setau aku tahun kelahirannya bukan 3.760 - 2.830. tapi 13.760 - 12.830. cek Wikipedia

Anastasya mengatakan...

Tersedia berbagai Permainan :

* Sbobet Bola
* Roulete / Bacarat
* IBC
* Ion Casino / Sicbo
* 88Tangkas

Support Bank : BCA , Mandiri , BNI , BRI , dan Danamon.

Untuk lebih detail .. klik langsung ya : www,fansbetting,co :)

Unknown mengatakan...

Untuk mempermudah kamu bermain guys ajoqq menghadirkan 7 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
dimana lagi kalau bukan di ajoqq,,, Pin BB: 58cd292c

Agus Darma mengatakan...

DAFTAR DIRI ANDA JADI PEMENANG BERIKUTNYA
Dari : Samul Ridwan Singapure: Terima kasih Mbah Agus Darma Nomer GHOIB Dari Mbah Benar-benar Tembus 8445 100% gol. saya sangat berterima kasih pada Mbah Agus Darma..Kini saya bisa Melunasi Hutang-hutang saya dan saya udah bisa buka usaha kecil-kecilan..Berkat usaha angka Ritual Ghoib dari Mbah Agus Darma..Bagi Anda yang udah menemukan Blog Mbah Agus Darma..sangatlah beruntung bagi Anda..Jika Anda menginginkan seperti saya silahkan Anda Call/sms di : 0823-8738-4409 Terima Kasih Mbah Agus Darma..Moga2 Succes selalu Buat Mbah Agus Darma..!!!!
Dari : Ibu Ayu Timur Leste " Terima Kasih yang amat dalam kepada Mbah Agus Darma…karena Angka Ghoib dari anda 100% gol..9323 Mantap…sekarang saya bisa bernapas lega mbah …Karena udah bisa melunasi hutang saya yang kalah karena main togel…Dan Moga2 Besok gol lagi Mbah..dan saya beli paket 4D lagi..!!! biar Bisa buat buka Usaha Mbah..Mohon Bantuan Angka Ritual Ghoib nya…Dan saya hanya bisa berpesan kepada siapa saja..jangan ragu-ragu untuk menjadi Member Mbah Agus Darma…Di Jamin Angka Ghoib Tembus 100%…Salam Succes
Dari : Agus Wijaya Malaysi Tawu : Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada Mbah Agus Darma…Berkat Angka Ghoib dari mbah…Semua hutan-hutang saya bisa terlunasi…angka ghoib dari Mbah Agus Darma benar jitu 100%, bagi anda yang kesulitan mencari angka ritual ghoib…bergabung aja dengan Mbah Agus Darma udah terbukti TokCer…Benar-benar Tembus 4 Angka…Terima Kasih Mbah Agus Darma…Succes Selalu Buat Mbah Agus Darma…salam kenal Buat teman yang suka nomor togel
Dari : Ibu Ramlah Kalimatan " Mantep Banget Angka Ritual Ghoib anda Mbah Agus Darma…Kalau Tidak Ada Bantuan Angka Ritual Dari Mbah…Enggak Tau Nasib saya seperti apa…soalnya Udah banyak Dukun Togel yang saya mintai Angka Jitu.tapi tidak ada satupun yang berhasil…akhirnya saya menemukan Blog anda..dan kami akhirnya Coba-coba untuk bergabung…Walhasil angka ritual Mbah Agus Darma Benar-benar bikin saya Terkagum./ benar-benar Tembus 100%…kini hidup saya udah gak lagi di kejar-kejar Hutang…semua hutang udah kami lunasi berkat bantuan angka ritual Ghoib dari Mbah Agus Darma…sekali lagi kami sekeluarga mengucapkan terima kasih yang amat dalam kepada Mbah Agus Darma yang udah mengubah hidup keluarga kami…Salam Bahagia
Dari : Ibu Uali Nunukan : Terima Kasih Mbah Agus Darma Darma semua yang anda berikan kepada saya…Angka Ritual Ghoib Eyang Benar-benar Tembus 100%…mohon ma’af mbah ini pengalaman saya …waktu itu pernah saya meminta bantuan kepada seseorang yg mengaku pintar meramu angka toto…dan saya harus bayar untuk mendapatkan angkanya…sampai2 saya hutang sana , hutang sini…tapi apa yg terjadi…angka yg saya terima tadi gak ada yang keluar…maspus dalam hati kecil saya..gmn saya harus bayar utang yang terlanjur menumpuk…hingga akhirnya saya di kasih info teman untuk mencoba menjadi Member di Mbah Agus Darma…Alhasil Angka Ritual Ghoib yang mbah kirim ternyata Jitu 100%..dan akhirnya terbayar sudah hutang2 saya….ini hanya sekedar pengalaman saya…untuk yang mau mencoba angka ghoib dari Mbah Agus Darma..tidak usah ragu-ragu…karena saya udah merasakannya…terima kasih Mbah Agus Darma…Salam Bahagia….!!!
Dari : Sutiawan Timur Leste : Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada Mbah Agus Darma yang telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya sekarang udah hidup tenang..sudah tidak di kejar-kejar hutang…Kami di berikan Angka Ritual Ghoib Dari Mbah Agus Darma yang sangat Jitu 100%…hingga kami sekarang merasa tenang lagi…terima kasih Mbah Agus Darma…Jika Anda ada merasa kesulitan masalah Nomer Toto silahkan Tanyakan Aja Pada Mbah Agus Darma…pasti anda akan merasakan apa yg selama ini kami rasakan…Salam Bahagia dan Succes

Muhammad Satria mengatakan...

TITAN GEL ASLI ORIGINAL RUSIA

CREAM TITAN GEL ASLI RUSIA

OBAT OLES PEMBESAR ALAT VITAL PRIA PERMANEN

TITAN GEL ORIGINAL RUSIA

TITAN GEL ASLI RUSIA

TITAN GEL ASLI RUSIA

BIOMANIX HERBAL

OBAT BIOMANIX ASLI

viagra mengatakan...

terimakasih sdh berbagi.

Fransisca Hope mengatakan...

Kesempatan dapat Uang ... share ya 5.E.E.8.0.A.F.E. F4n5833771n9 ^_^

Ananda Nica mengatakan...

Fans^^Bett1nG J_u_d_i On^^line Terpercaya
Proses Depo dan WD hanya dalam waktu 3 menit .. buruan D4ftar ya :)

Unknown mengatakan...

Untuk mempermudah kamu bermain guys ajoqq menghadirkan 7 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
dimana lagi kalau bukan di ajoqq,,, Pin BB: 58cd292c

Unknown mengatakan...

Untuk mempermudah kamu bermain guys ajoqq menghadirkan 7 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
dimana lagi kalau bukan di ajoqq,,, Pin BB: 58cd292c

Unknown mengatakan...

ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
pin bb#58ab14

shane mengatakan...

Artikel anda sangat bagus dan lumayan terperinci..

Unknown mengatakan...

QAQAPOKER | POKER ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA DI INDONESIA
QAQAPOKER MEMPUNYAI 6 GAME KHUSUS POKER YANG BISA DI MAINKAN DALAM 1 AKUN ANTARA LAIN :
* POKER ONLINE
* SUPER 10
* CEME
* CEME KELILING
* DOMINO ONLINE
* CAPSA SUSUN
WEBSITE : http://www.uanglancar.org/ref.php?ref=QAQAIDN

DAFTAR LINK ALTERNATIF :
www . uanglancar . org
www . uanglancar . net
www . uanglancar . com
www . bawalputih . com

KEUNTUNGAN BERMAIN DI QAQAPOKER :
* PROSES DEPO/WD SANGAT CEPAT !
* LAYANAN CUSTOMER SERVICE 24 JAM NONSTOP
* BONUS CASHBACK 0.4% SETIAP MINGGUNYA
* BONUS DEPOSIT 20 %
* BONUS REFFERAL 20 % SEUMUR HIDUP
DAN MASIH BANYAK BONUS LAINNYA LOH!
CONTACT INFO QAQAPOKER :
BBM : D8DDBFF1
WA : +6281287933779
LINE : QAQAPOKER
FANSPAGE: https://www.facebook.com/qaqapokerindonesia/
⭕ NB : JIKA MENGALAMI KESULITAN DALAM MENDAFTAR
SILAHKAN INBOX DATA-DATA NYA YA :)

#SitusPokerOnline, #JudiPoker, #AgenPoker, #AgenPokerTerpercaya, #PokerQQ, #DominoQQ, #PokerOnline, #SitusJudiPoker

Unknown mengatakan...

Keren Infonya..

Obat Eksim
Obat Diabetes

OBAT ABORSI mengatakan...

hank you, sukses selalu

Obat Aborsi

Jual Obat Aborsi

Obat Penggugur Kandungan

Obat Abosi 1 Bulan

Obat Abosi 2 Bulan

Obat Abosi 3 Bulan

Obat Abosi 4 Bulan

Obat Abosi 5 Bulan

Obat Abosi 6 Bulan

Unknown mengatakan...

QAQAPOKER | POKER ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA DI INDONESIA
QAQAPOKER MEMPUNYAI 7 GAME KHUSUS POKER YANG BISA DI MAINKAN DALAM 1 AKUN ANTARA LAIN :
* POKER ONLINE
* SUPER 10
* CEME
* CEME KELILING
* DOMINO ONLINE
* CAPSA SUSUN
* OMAHA

KEUNTUNGAN BERMAIN DI QAQAPOKER :
* PROSES DEPO/WD SANGAT CEPAT !
* LIVECHAT CUSTOMER SERVICE HANDAL DAN PROFESSIONAL 24 JAM NONSTOP UNTUK MELAYANI ANDA :)
* BONUS CASHBACK 0.4% SETIAP MINGGUNYA ( dibagikan setiap hari senin )
* BONUS DEPOSIT 20 %
* BONUS REFFERAL 20 % SEUMUR HIDUP ( Di bagikan setiap hari Kamis setelah maintenance )
* BONUS JACPOT TOTAL SAMPAI PULUHAN JUTA RUPIAH.!!!

DAN MASIH BANYAK BONUS LAINNYA LOH!
CONTACT INFO QAQAPOKER :
BBM : D8DDBFF1
WA : +6281287933779
LINE : QAQAPOKER
FANSPAGE: https://www.facebook.com/qaqapokerindonesia/
⭕ NB : JIKA MENGALAMI KESULITAN DALAM MENDAFTAR
SILAHKAN INBOX DATA-DATA NYA YA :)

#SitusPokerOnline, #JudiPoker, #AgenPoker, #AgenPokerTerpercaya, #PokerQQ, #DominoQQ, #PokerOnline, #SitusJudiPoker

Unknown mengatakan...

AJOQQ - Bandar Online Poker-Domino menyediakan
- POKER
- DOMINO
- CAPSA SUSUN
- BANDARQ
- ADUQ
- BANDAR POKER
- SAKONG
- BANDAR66 ( NEW GAME )
minimal deposit atau withdraw 15.000 :)
ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ
AJOQQ juga menyediakan bonus rollingan sebanyak 0.3% dan bonus referal sebanyak 20% :)

Unknown mengatakan...

IONQQ- Bandar Online Poker-Domino menyediakan
- POKER
- BANDARQ
- DOMINO99
-bandar poker
minimal deposit atau withdraw 20,000 :)
ayo segera bergabung bersama kami di ionqq

BUAT GAMBAR mengatakan...

QAQAPOKER | POKER ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA DI INDONESIA
QAQAPOKER MEMPUNYAI 6 GAME KHUSUS POKER YANG BISA DI MAINKAN DALAM 1 AKUN ANTARA LAIN :
* POKER ONLINE
* SUPER 10
* CEME
* CEME KELILING
* DOMINO ONLINE
* CAPSA SUSUN

KEUNTUNGAN BERMAIN DI QAQAPOKER :
* PROSES DEPO/WD SANGAT CEPAT !
* LIVECHAT CUSTOMER SERVICE HANDAL DAN PROFESSIONAL 24 JAM NONSTOP UNTUK MELAYANI ANDA 🙂
* BONUS CASHBACK 0.4% SETIAP MINGGUNYA ( dibagikan setiap hari senin )
* BONUS DEPOSIT 20 %
* BONUS REFFERAL 20 % SEUMUR HIDUP ( Di bagikan setiap hari Kamis setelah maintenance )
* BONUS JACPOT TOTAL SAMPAI PULUHAN JUTA RUPIAH.!!!

DAN MASIH BANYAK BONUS LAINNYA LOH!
CONTACT INFO QAQAPOKER :
BBM : D8DDBFF1
WA : +6281287933779
LINE : QAQAPOKER
⭕ NB : JIKA MENGALAMI KESULITAN DALAM MENDAFTAR
SILAHKAN INBOX DATA-DATA NYA YA 🙂
WWW.QAQAPOKER99.COM
#SitusPokerOnline, #JudiPoker, #AgenPoker, #AgenPokerTerpercaya, #PokerQQ, #DominoQQ, #PokerOnline, #SitusJudiPoker

OBAT ABORSI mengatakan...

thank you admin
the article is very interesting, it helps me and can be used for reference.
hopefully successful admin always.

Obat Aborsi

Jual Obat Aborsi

Jual Cytotec

Obat Penggugur

Penggugur Kandungan

Obat Penggugur Kandungan

Obat Aborsi Cytotec

Obat Abosi 1 Bulan

Obat Abosi 2 Bulan

Obat Abosi 3 Bulan

Obat Abosi 4 Bulan

Obat Abosi 5 Bulan

Obat Abosi 6 Bulan

OBAT ABORSI mengatakan...

thank you admin
the article is very interesting, it helps me and can be used for reference.
hopefully successful admin always.

Obat Aborsi

Jual Obat Aborsi

Jual Cytotec

Obat Penggugur

Penggugur Kandungan

Obat Penggugur Kandungan

Obat Aborsi Cytotec

Obat Abosi 1 Bulan

Obat Abosi 2 Bulan

Obat Abosi 3 Bulan

Obat Abosi 4 Bulan

Obat Abosi 5 Bulan

Obat Abosi 6 Bulan

Fadlan Faid Herbal mengatakan...

may be useful for all, helpful article once and pardon me permission to share also here :

Cara mengatasi gatal selangkangan secara alami
Obat sinusitis ampuh
Obat kista payudara ampuh

areadomino mengatakan...

Resmi4D Adalah Situs Togel Online terpercaya di Indonesia dengan member terbanyak yang menyediakan 10 pasaran terlengkap dan paling dicari oleh para pecinta togel online. Resmi4D selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para member tercintanya, terbukti Resmi4D berani memberikan discon terbesar dan 16 jenis permainan yang mendukung member tercintanya meraih kemenangan.

Banyak sekali unggulan Resmi4D bila dibandingkan dengan situs lainnya oleh karena itu, wajar kiranya Resmi4D merupakan Situs Togel Online yang memiliki member terbanyak baik dari para bandar darat hingga pecinta togel online. Dengan diadakannya tenaga tenaga yang telah berpengalaman dibidangnya, Proses depo dan WD di Resmi4D hanya 3–5 menit dan layanan chatting 24 jam baik dari Livechat, BBM, Whattsapp dan lainnya dengan operator operator yang cantik, ramah dan sopan.

Segera lakukan pendaftaran dan bergabung bersama kami untuk sensasi baru berbetting ;

Pendaftaran ;

https://bit.ly/2y56JQt

Siska qravity mengatakan...

jadi bisa tahu dari berbagai sudut pandang yah

shampo untuk rambut kering

Posting Komentar

Terimakasih Telah Membaca Artikel Ini,,
Mohon Komentar dan Pembenaran jika banyak hal yg dirasa Salah.

:::Gratis Copy Paste Asal Cantumkan Link Blog Ini (jika Mau diPublish Kembali:::